Awasi Pilgub, Panwas Ajak Partisipasi Masyarakat – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Awasi Pilgub, Panwas Ajak Partisipasi Masyarakat

KENDARIPOS.CO.ID — Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan memiliki andil besar dalam menciptakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang jujur dan adil (Jurdil). Tak heran, panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Buton Selatan (Busel) berharap peran aktif masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2018 mendatang.

Ketua Panwaslu Busel, Rosni mengatakan dengan keterbatasan jumlah personil, Panwas tidak mungkin dapat menjangkau seluruh wilayah Busel. Untuk memaksimalkan pengawasan, Panwas butuh dukungan masyarakat terhadap upaya pelanggaran pada Pilkada mendatang. Untuk itulah, Panwas akan menggandengn berbagai stake holder untuk mengawasi pesta demokrasi lima tahunan. Mulai dari majelis taklim, tim penggerak PKK, dharma wanita, ormas pemuda maupun lewat Pramuka di sekolah-sekolah. ” Kami akan memanfaatkan lembaga yang ada di masyarakat untuk mengidentifikasi pelanggaran dalam proses pilgub mendatang,” ujar Rosni akhir pekan lalu.

Koordinator Devisi SDM Panwaslu Busel, Jumadi menambahkan, pihaknya akan terus berupaya membangun komunikasi dengan sejumlah pihak dalam proses Pilkada nanti. Jika terjadi pelanggaran, ia berharap untuk segera dilaporkan ke Panwas. Yang pastinya, laporan itu bakal ditindaklanjuti dan akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Partisipasi warga dalam mengawasi penyelenggaraan Pilkada sangat menentukan jalannya pilkada agar tercipta pilkada yang jujur, aman dan damai. Makanya, kami akan membentuk perangkat untuk membantu mengawasi jalannya pengawasan,” kata Jumadi. (b/m2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top