UHO Terapkan e-plan Perencanaan Anggaran – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

UHO Terapkan e-plan Perencanaan Anggaran

Wa Ode Sitti Febriani
Suasana focus group discussion sinkronisasi aplikasi rencana bisnis anggaran berbasis elektronik (e-plan) dengan data base UHO di Plaza Inn Hotel Kendari by Horison,Sabtu (7/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), kian menjanjikan kemudahan. Seakan tak ingin ketinggalan, Universitas Halu Oleo (UHO) pun terus bergerak maju dengan memanfaatkan kemajuan TIK. Teranyar, dalam waktu dekat, aplikasi e-plan siap diterapkan pada sistem perencanaan penganggaran. Artinya, yang sejak dahulu seluruh prosedurnya dikerjakan secara manual, kini mulai berbasis online.

Ketua Pembuatan Sistem Informasi Perencanaan UHO, Sapto Raharjo menjelaskan, meskipun pengelolaan anggaran belum tercakup secara menyeluruh dalam sistem informasi e-plan, namun tahapan awal akan mulai dijalankan. Dengan begitu, sedikit demi sedikit wajah aplikasi bakal disempurnakan secara berkelanjutan. “Ini sejatinya untuk menggantikan usulan-usulan kegiatan dan anggaran yang pada tahun sebelumnya masih dilakukan secara manual. Maka pada tahun 2018, pengusulan dari fakultas, lembaga dan unit-unit sudah harus harus menggunakan e-plan,” ungkapnya.

Ia harap, e-plan memudahkan tugas dan tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam perencanaan anggaran, baik itu fakultas, lembaga maupun Biro Perencanaan dan Penganggaran. Ia kembali menyampiakan, di tahun anggaran 2018, e-plan siap difungsikan. “Jadi, anggaran untuk tahun 2018 yang diajukan akhir tahun ini, sudah harus memanfaatkan e-plan,” tegas Sapto, sapaan akrab di sela acara Focus Group Discussion (FGD) Sinkronisasi Aplikasi Rencana Bisnis Anggaran Berbasis Elektronik (e-plan) dengan Data Base UHO, Sabtu (7/10) lalu di Plaza Inn Hotel Kendari by Horison.

Setelah berlakunya aplikasi e-plan, menurutnya, ada 2 perubahan yang langsung terlihat. Pertama, kedisiplinan dalam menyusun usulan. Pasalnya, ini sistem yang bermuara pada Biro Perencanaan dan Penganggaran. Disitu, usulan dari lembaga-lembaga akan dikompilasikan secara terpadu. Kedua, program paperless (tanpa kertas) yang digagas oleh Rektor UHO, Prof. Muhammad Zamrun F, dapat diterapkan secara bertahap dalam segala urusan. “Dua hal ini yang bakal terjadi dalam waktu dekat dengan diberlakukannya sistem informasi e-plan,” singkatnya.

Kendatipun masih dalam tahap ujicoba, namun manfaat secara administrasi sudah bisa dirasakan. Fakultas dan lembaga kini punya sistem informasi perencanaan terpadu berbasis online yang jauh lebih efektif. Sehingga, tuntutan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk akreditasi, akan sangat mudah diakses dengan adanya aplikasi e-plan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis TIK UHO, La Ode Midi mendukung penuh pemberlakuan e-plan. Dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang dimiliki, pihaknya siap menunjang infrastruktur pendukung perencanaan, mulai dari data center hingga infrastruktur jaringan untuk komunikasi data tersebut. “Mengingat data sangat dibutuhkan untuk proses perencanaan. Maka untuk proses perencanaan yang baik, harus berangkat dari data yang akurat sekaligus terkini yang bisa didapatkan di data center. Karena kami adalah pelayan maka harus memberikan service terbaik sesuai dengan Tupoksi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Zamrun memastikan, tahun depan bakal didirikan gedung Pusat TIK yang mandiri, pasalnya saat ini masih digabung dengan rektorat. Fasilitasnya pun akan ditingkatkan demi menunjang kinerja maksimal. “Tiap fakultas juga harus punya fasilitas yang memadai untuk entry data karena data mahasiswa wajib dikelola dengan sangat baik,” tegasnya. FGD yang berlangsung mulai tanggal 7-8 Oktober tersebut meilbatkan 49 anggota Biro Perencanaan dan Penganggaran, perwakilan UPT TIK serta dosen Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top