Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Produksi Udang Vaname Ditarget Rp 40 Miliar

Internet
Ilustrasi hasil tangkap Udang Vaname.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi udang vaname yang mulai ditekuni sejumlah petani tambak di Kabupaten Kolaka, mendorong Pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat untuk mengembangkan udang yang berasal dari kawasan subtropis tersebut. Pasalnya, selain kondisi iklim di Bumi Mekongga yang sangat cocok untuk budidaya udang vaname, harga penjualannya dinilai cukup menguntungkan.

“Kalau dikelola dengan baik, maka hasil penjualan dari udang vaname bisa mencapai Rp 40 miliar per bulannya. Jika dikumpulkan produksi udang vaname di Kolaka bisa mencapai 700 ton per bulannya. Jika dijual per kilo dengan harga Rp 70 ribu, maka setiap bulannya bisa menghasilkan Rp 40 miliaran,” ungkap Bupati Kolaka, H Ahmad Safei.

Dijelaskan Mantan Sekab Kolaka tersebut, saat ini pihaknya sedang mencari formula yang tepat agar udang vaname Kolaka dapat diekspor keluar negeri dengan menggunakan label Kolaka. Sehingga, kesejahteraan petani tambak dapat lebih meningkat.

“Udang merupakan barang ekspor. Jadi jika kami mengekspor udang, maka kami tidak hanya membantu petani meningkatkan kesejahteraannya, tetapi juga membantu negara menghasilkan devisa,” tutur Safei.

Olehnya itu, untuk mewujudkan target tersebut, Safei meminta dukungan seluruh pihak agar udang vaname dapat dikelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani udang. “Mari kita memikirkan dan berupaya agar Kolaka ini bisa mengirim udang vaname dengan label Kolaka. Jika itu bisa terwujud maka harga udang di Kolaka tentu akan lebih tinggi dari saat ini. Tujuan kami adalah ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kolaka, khususnya di bidang perikanan,” tandas Safei. (fad/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top