Dinilai Sukses, Bersih Pantai Jadi Event Tahunan di Baubau – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Bau-bau

Dinilai Sukses, Bersih Pantai Jadi Event Tahunan di Baubau

Suasana kegiatan bersih pantai di Baubau.

KENDARIPOS.CO.ID — Kegiatan bersih pantai secara massal yang diprakarsai pemerintah kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapat respon positif dari masyarakat. Hal itu terlihat dari peran aktif ribuan masyarakat Kota Baubau yang turut dalam kegiatan bakti sosial tersebut. Seluruh PNS, TNI, Polri, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum ikut andil melakukan bersih-bersih pantai dengan mengumpulkan sampah plastik yang berserahkan di pesisir.

“Kita ingin memberi edukasi pada masyarakat akan bahaya sampah plastik. Makanya, seluruh elemen kita libatkan khususnya pelajar SMP dan SMA sebagai generasi muda. Jika dikonsumsi oleh ikan, maka akan membahayakan kesehatan manusia, bisa memicu munculnya penyakit kanker dan kebodohan. Makanya, hal itu harus kita hindari,” kata Dandim 1413 Buton, Letkol Czi. Sriyanto, M.I.R. saat ditemui disela-sela kegiatan, Minggu (8/10).

Melihat kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar dan sukses serta mendapat respon masyarakat, TNI dan Pemkot Baubau akan menjadikannya sebagai event berkelanjutan. “Untuk tahun depan tidak hanya skala nasional tetapi internasional. Saya minta agar pusatnya tetap di Baubau, sebab kita adalah pemrakarsa terbanyak di seluruh Indonesia,” klaimnya.

Suasana membersihkan pantai secara massal yang dikuti ribuan orang.

Sementara itu Plt Kepala DKP Kota Baubau, Sadidi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi antusiasme dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat kota pemilik benteng terluas di dunia itu. “Ini membuktikan, bahwa kepedulian masyarakat terhadap kondisi pantai untuk tetap bersih sangat tinggi. Ke depan kita inginkan bakti sosial ini bisa kita pertahanakan dan lebih sukses lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Menteri Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, TB Heru Rahayu mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi langkah TNI dan Pemkot Baubau. Kegiatan tersebut tak hanya memberi dampak, namun juga sebagai edukasi pada masyarakat akan pentingya menjaga laut agar tetap bersih. “Pemkot Baubau kita harapkan sesegera mungkin membuat regulasi dalam mendukung penertiban sampah plastik. Saya sudah sampaikan langsung pada sekretaris kota Baubau agar diakhir tahun ini, regulasi itu suda dirancang dan diawal tahun 2018 dapat diimplementasikan,” pungkasnya. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top