Berikut Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Cegah Kanker – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Berikut Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Cegah Kanker

Foto: Health
Olahraga lari.

KENDARIPOS.CO.ID — MENJAGA pola makan dan rajin berolahraga sering dianjurkan para ahli kesehatan demi menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu, ada pula kebiasaan sehari-hari yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker. Apa saja?

Simak selengkapnya, seperti dilansir laman Real Simple:

Tidak merokok.

Hal terburuk yang bisa anda lakukan dari perspektif kanker adalah asap. Jika anda merokok di masa lalu, risiko kanker akan turun drastis jika berhenti merokok, menurut ACS.

Tetap monitor berat badan anda.

Obesitas menempatkan tubuh anda di bawah tekanan yang menghalangi kemampuannya memperbaiki sel yang rusak. Para ahli merekomendasikan agar anda mencoba untuk tidak menumpuk lemak di sekitar perut.

Wanita harus mencapai ukuran pinggang 31 inci atau kurang dan pria harus 37 inci atau kurang. Berolahraga secara teratur. Sebuah studi baru-baru ini di JAMA Internal Medicine menemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur bisa mengurangi risiko 13 jenis kanker, termasuk kanker payudara, endometrium dan tumor pada kandung kemih, sumsum tulang belakang, usus besar, ginjal, hati dan paru-paru.

Pejabat pemerintah merekomendasikan latihan ringan selama 150 menit seminggu, seperti berjalan kaki atau bersepeda lambat atau 75 menit latihan yang kuat, seperti berlari atau tenis.

Mengubah diet.

Studi yang menghubungkan buah dan sayuran dengan pengurangan risiko kanker beragam, tapi menghasilkan nutrisi yang membantu memperbaiki kerusakan sel yang menyebabkan kanker. Usahakan makan setidaknya lima porsi sayur dan buah setiap hari. Sementara itu, orang dewasa harus membatasi konsumsi daging merah hingga 18 ons per minggu, menurut American Institute for Cancer Research.

Kurangi konsumsi.

Semakin banyak alkohol yang anda minum, maka semakin tinggi risiko terkena kanker tertentu. ACS merekomendasikan agar wanita tidak minum lebih dari satu gelas setiap hari dan pria tidak lebih dari dua gelas per hari.

Menghindari matahari.

Kanker kulit adalah kanker yang paling umum. Gunakan multi-atau spektrum luas SPF setiap hari untuk menangkis sinar UVB dan UVA. Hindarilah matahari antara pukul 10 pagi dan 2 siang dan jika Anda harus berada di luar berjam-jam, kenakan topi, lengan panjang, dan celana.

Mendapatkan imunisasi.

Vaksinasi terhadap dua virus penyebab kanker umum hampir menghilangkan infeksi. Orang dewasa berisiko terkena hepatitis B (mereka yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual dalam setahun, bekerja di bidang perawatan kesehatan, menggunakan obat-obatan terlarang, sering bepergian ke Afrika atau memiliki faktor risiko lainnya) harus divaksinasi terhadap hepatitis B yang bisa menyebabkan kanker hati.

Pastikan anak-anak Anda divaksinasi terhadap human apillomavirus yang menyebabkan kanker serviks dan beberapa kanker mulut. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top