Terminal Baruga Diresmikan, Asrun : Ini Jadi Icon Baru Kota Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Terminal Baruga Diresmikan, Asrun : Ini Jadi Icon Baru Kota Kendari

Asrun saat meresmikan terminal Baruga

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Ir Asrun tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya usai meresmikan Terminal Baruga, Jumat (6/10). Dia senang karena mimpinya untuk membangun terminal dengan kapasitas besar akhirnya terwujud. Terminal yang baru saja dia resmikan itu, tak hanya mampu menampung ratusan kendaraan dan ribuan penumpang, tapi juga disebut menjadi yang terbesar di Sultra.

Dia yakin, keberadaan Terminal Baruga mampu mendongkrak perekonomian Sultra. Khususnya daerah-daerah yang mendapat manfaat langsung dari keberadaan terminal yang dibangun selama tiga tahun tersebut. “Terminal ini akan menjadi icon baru Kota Kendari,” ujar Asrun saat meresmikan Terminal Baruga.

Wali Kota Kendari dua periode itu menyampaikan, alasan utamanya membangun terminal tipe B, karena selama ini Kota Kendari belum memiliki terminal yang representatif. Padahal, sebagai ibu kota provinsi, seharusnya memiliki terminal yang mempnyai daya tampung lebih besar. “Mestinya ada terminal besar yang bisa menampung seluruh kendaraan dari luar kabupaten bahkan luar provinsi. Olehnya itu, saya bersama Pak Musadar memutuskan untuk membangun terminal ini. Tujuannya tentu untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” jelasnya.

Ketua DPD Partai PAN Kota Kendari menambahkan, sengaja memilih lokasi terminal di Baruga. Sebab, Baruga merupakan wilayah perbatasan yang menghubungkan antar kabupaten. Ditambah lagi lokasi terminal berhadapan dengan jalan outer ring road, dimana kendaraan luar provinsi dapat langsung menuju terminal Baruga. “Baruga memang lokasi yang strategis. Karena semua mobil dari luar kabupaten dan provinsi bisa berhenti disini, untuk bongkar muat penumpangnya. Ditambah lagi adanya ring road, sehingga masyarakat Konawe, Konut bahkan dari Sulsel bisa langsung ke terminal Baruga,” bebernya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Terminal Baruga berdiri kokoh di atas lahan seluas 4,45 hektar. Memang sengaja dibangun dengan model tipe A, tapi fungsinya masih tipe B. Kata dia, salah satu alasannya supaya bangunan tersebut dapat bertahan lama, mengingat Kota Kendari terus berkembang. “Saya yakin, ke depan pasti terminal ini akan meningkat tipenya. Tapi kalau nanti sudah naik, tidak perlu lagi diganti,” tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari, Muh Ali Aksa menambahkan, pembangunan Terminal Baruga menghabiskan anggaran Rp 27.040.272.000,- dengan menggunakan anggaran APBD. Pembangunannya dilakukan secara multy years dari tahun 2014 hingga 2017. “Terminal ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap,” ujarnya.

Untuk lahan parkir, lanjut dia, luasnya mencapai 14.000 meter persegi. Terminal ini dapat menampung 70 unit bus besar, 150 bus kecil, 45 unit angkot, 45 taksi, 80 kendaraan pribadi dan 300 unit kendaraan roda dua. Sedangkan untuk daya tampung masyarakat bisa sampai 2.097 orang.

Lanjut mantan Kadis PU Kota Kendari, usai peresmian, Terminal Baruga tersebut belum bisa difungsikan. Sebab, sesuai aturan masih ada waktu enam bulan untuk finishing. Dan setelah finishingpun masih membutuhkan waktu untuk difungsikan karena harus disosialisasikan kepada para sopir angkot. “Kurang lebih satu tahun lagi, baru bisa difungsikan. Butuh waktu karena harus sosialisasi dulu. Apalagi Terminal Baruga yang lama akan dinonaktifkan,” imbuhnya. (b/kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top