Rp 2,3 Miliar Sisa TPG di Butur Dilunasi – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

Rp 2,3 Miliar Sisa TPG di Butur Dilunasi

KENDARIPOS.CO.ID — Akhirnya, 663 tenaga pendidik di Kabupaten Buton Utara (Butur) bisa menerima haknya. Sisa tunjangan profesi guru (TPG) tahun 2016 yang sempat tertunda, dilunasi. Dinas Pendidikan Kabupaten Butur telah menyalurkan sisa tunjangan sebesar Rp 2,3 miliar itu. Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di bawah kendali, Agus Pria Budiana itu berharap, guru yang tercatat sebagai penerima tunjangan tetap memberikan dedikasi dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. “Jangan saat menuntut hak begitu totalitas, tetapi mengajarnya asal-asalan dan hanya mengugurkan kewajiban semata,” sindir Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana.

Ia menjelaskan, sisa tunjangan sebesar Rp 2,3 miliar telah dibayarkan. Untuk merealisasikan hak guru yang mengajar 24 jam dalam seminggu itu harus menunggu sembilan bulan. Keterlambatan itu, karena harus menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menjadi rujukan berapa jumlah pasti sisa tunjangan yang belum terbayar tahun lalu itu. “Sisa tunjangan tahun 2016 sudah dicairkan dan langsung ditransfer ke rekening guru,” ujar Agus Pria Budiana saat ditemui di ruang kerjanya, kepada Kendari Pos.

Mantan Camat Kambowa itu menambahkan, selama ada payung hukum semua masalah tetap bisa diselesaikan. Sebagai dinas terkait, Agus mengaku telah memperjuangkan persoalan itu dengan pemerintah pusat agar masalah TPG segera dituntaskan. “Saya tidak mencari siapa yang salah hingga sisa TPG 2016 tak cair. Sebab, jika itu menjadi prioritas akan menghambat proses penyelesaian,” tegasnya. Agus merinci, Rp 1 miliar untuk membayar sisa tunjangan 327 guru sekolah dasar. Selain itu, guru TK 12 orang sebesar Rp 31 juta, SMP 165 orang Rp 554 juta, guru SMA 111 orang sebanyak Rp 352 juta, guru SMK 27 orang Rp 84 juta dan pengawas 21 orang sejumlah Rp 90 juta. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top