Pemkab dan IAI Awasi Peredaran Obat di Konawe – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe

Pemkab dan IAI Awasi Peredaran Obat di Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Konawe mulai mengambil sikap untuk memperketat pengawasan maraknya peredaran dan penyalahgunaan obat dikalangan anak-serta remaja. Kesepakatan itu dituangkan secara simbolis dalam penandatanganan pakta komitmen antara Sekretaris Kabupaten (Sekab), H. Ridwan Lamaroa dan Pengurus IAI Konawe, dalam kegiatan perayaan hari apoteker sedunia di halaman kantor bupati, Jumat (6/9).

Ketua IAI Konawe, Asri Demara mengatakan, pihaknya akan memerangi obat ilegal atau berbahaya, dengan cara mendukung sepenuhnya upaya Badan POM, Polri, Dinas Kesehatan, beserta Pemkab dalam pengawasan dan pemberantasan peredaran obat ilegal di lingkungan masyarakat. “Obat ilegal dapat merusak generasi muda, maka kita sepakat untuk membasmi dan mengecam siapapun yang mengedarkannya,” ujar Asri Demara.

Ia juga akan menginstruksikan seluruh apoteker supaya melaksanakan praktik secara bertanggungjawab dengan tidak memperjualbelikan obat daftar G secara bebas, sehingga sering disalahgunakan. Sekab Konawe, H. Ridwan Lamaroa juga mendukung, bahkan turut serta dalam komitmen memberantas peredaran obat ilegal di Sultra, khususnya Konawe. “Saya minta, para apoteker supaya tidak bermain-main dengan menjual obat keras kepada masyarakat awam, terutama anak-anak. Bahkan, kalau perlu apoteker bisa melaporkan pada orang tua bila ada remaja yang datang membeli obat, tanpa ada resep dokter. Ini untuk mencegah penyalahgunaan obat dalam masyarakat,” pungkasnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Ketua DPRD Konawe, Gusli Topan Sabara. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top