Pekan Depan, KPUD Konawe Buka Pendaftaran PPK dan PPS – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Pekan Depan, KPUD Konawe Buka Pendaftaran PPK dan PPS

KPU Konawe menggelar sosialisasi perekutan PPK dan PPS di salah satu hotel di Unaaha, Jumat (6/10). Kegiatan ini melibatkan aparat pemerintah kecamatan, desa dan keluarahan. Foto : Helson Mandala Putera/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mematangkan kesiapan. Tidak hanya melibatkan aparat di tingkat desa dan kecamatan, KPU juga akan merekrut perangkat penyelenggara Pemilu di tingkat bawah. Makanya, dalam waktu dekat KPU akan merekrut Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Untuk mempersiapkan badan ad hoc-nya, KPU menggelar sosialisasi pembentukan PPK dan PPS yang melibatkan unsur pemerintahan kecamatan, desa dan kelurahan di salah satu Hotel di Unaaha, Jumat (6/10). Ketua KPUD Konawe, Sarmadan mengatakan salah satu tahapan dalam Pilkada yakni melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pemerintah terkait pembentukan PPK dan PPS. Olehnya itu, pihaknya mengundang seluruh camat, serta sejumlah kepala desa dan lurah dalam pertemuan yang membahasa mekanisme pembentukan PPK dan PPS, sehingga mereka dapat turut andil mengawasi dan merekomendasikan orang yang memang memenuhi syarat.

“Untuk PPK dan PPS, memang membutuhkan rekomendasi dari camat, kepala desa dan lurah. Makanya, kita undang mereka supaya tidak mempersulit pendaftar sepanjang mereka memenuhi syarat. Setelah ini, mereka bisa kembali ke wilayah masing-masing dan menyampaikan kepada masyarakatnya, supaya mendaftarkan diri sebagai PPK atau PPS,” ungkap Sarmadan.

Pemerintah kecamatan kata dia, juga mengemban tugas sesuai PKPU untuk berkoordinasi dengan sekretaris KPU Kabupaten perihal sekretariat PPK. Termasuk penetapan pejabat sekretaris PPK yang menjadi rekomendasi pihak kecamatan. “Sekretaris PPK adalah PNS lingkup kecamatan yang direkomendasikan oleh Camat. Sehingga, mereka perlu tahu mekanisme untuk melakukan rekomendasi,” jelasnya.(b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top