Pariwara
HEADLINE NEWS

Lima Kecamatan di Buton Selatan Rawan Kekeringan

KENDARIPOS.CO.ID — Batauga dan Sampolawa telah ditetapkan sebagai daerah rawan bencana banjir dan longsor. Kini pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) kembali memetakan lima kecamatan di wilayah tersebut yang rawan dilanda kekeringan. Distrik itu adalah Kadatua, Lapandewa, Siompu, Siompu Barat dan Batu Atas.

Plt Sekretaris Kabupaten (Sekab) Busel, Konstantinus Bukide menjelaskan, sejak awal pemekeran daerah, lima kecamatan tersebut memang kesulitan mendapatkan air bersih. Bak digunakan sebagai tempat penampungan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Kondisi ini sejak lama dialami dan mereka tetap bertahan hidup dengan berbagai cara. Terkadang mereka mencari air di luar daerah,” ungkap Konstantinus Bukide, Jumat (6/10).

Di era Agus Feisal Hidayat sebagai Bupati Busel, Pemkab sudah membuat langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan krisis air bersih yang melanda beberapa kecamatan. Menurut Konstantinus Bukide, Pemkab Busel akan melakukan pendeteksian sumber air baku dan anggarannya sudah disiapkan. “Ini telah kami rencanakan, khususnya di Kecamatan Kadatua. Anggarannya hingga Rp 200 juta. Dengan rencana ini semoga permasalahan beberapa wilayah kecamatan dapat diatasi,” kata Konstatinus Bukide yang juga menjabat sebagai Asisten I Setkab Busel itu.

Belum lama ini bupati menggagas sejumlah desa yang ada di kecamatan rawan kekeringan untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pengelolaan sumber air bersih. Selain untuk kesejahteraan masyarakat, BUMDes dapat menggenjot pendapatan desa. (b/m2)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top