Kementan Tanam Kedelai di Konawe – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe

Kementan Tanam Kedelai di Konawe

Suasana proses penanaman kedelai

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pertanian (Kementan) RI lakukan penanaman serentak kedelai secara nasional untuk mewujudkan target swasembada pada tahun 2018 mendatang. Selain pada beberapa kabupaten, Kementan juga mencanangkan penanaman di Desa Wonua Monapa, Kecamatan Pondidaha, Konawe.

Perwakilan Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan, Kementan RI, Kornelia mengatakan, target pencapaian swasembada kedelai awalnya diproyeksi tahun 2020, namun kemudian dimajukan menjadi 2018. “Di Sultra kita alokasikan 10 ribu hektare dari APBN-P dari yang diusulkan sebanyak 500 ribu hektare,” katanya di Desa Wonua Monapa, Jumat (6/10).

Kornelia mengaku, Kabupaten Konawe sangat cocok ditanamkan kedelai. Pasalnya, tekstur tanahnya lembab dan mudah meresap air. “Kami sediakan benih untuk satu hektare sebanyak 40 kilogram senilai Rp 1 juta lebih,” timpal Perwakilan Bidang Tanaman Pangan, Pertanian dan Peternakan pada Dinas Pertanian Sultra, Siti Saira bersama Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultural Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural Konawe, Rahmat Nur.

Ketua Kelompok Mekar Sari 1 Desa Wonua Monapa, Kecamatan Pondidaha Torisman mengaku berterima kasih kepada menteri pertanian yang telah membantu para petani di Konawe. Namun ia berharap agar pihaknya mendapat bantuan alat pertanian.

Sementara itu, Ketua Rumah Aspirasi Umar Arsal Sultra, Supyan Hadi mengapresiasi penanaman secara serentak tanaman kedelai itu. “Saya berharap agar semua kebutuhan para petani dapat terakomodir. Semoga kedelai dapat menjadi komoditas andalan di Sultra dan menyejahterakan petani,” komentarnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top