Bupati Konsel Evaluasi Kinerja Kades – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Selatan

Bupati Konsel Evaluasi Kinerja Kades

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam berbagai kesempatan, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga selalu mengingatkan aparatur pemerintahannya di level desa agar tersandung kasus hukum. Tak cukup dengan imbauan, ia juga berinisiatif mengundang pemerintah kecamatan dan desa untuk mengikuti rapat evaluasi pengelolaan dana. Jumat (6/10), Surunuddin menghadiri langsung pertemuan di Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD).

Saat memimpin rapat, Surunuddin mengatakan, perencanaan dan penggunaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) harus dimanfaatkan untuk hal prioritas. Misalnya pengentasan kemiskinan dengan cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal serta mendorong para petani agar bisa bersaing dan berdaya guna.”Selain itu salah satu prioritas Pemkab adalah program mengurangi rumah tidak layak huni,” ungkapnya. Konsel-1 tersebut menekankan pada camat dan Kades untuk mengetahui potensi pertanian di wilayah masing-masing. Dengan harapan dapat dikembangkan sesuai keunggulan desa itu sendiri.

“BUMDes kita aktifkan untuk mengelola hasil pertanian tersebut, tentu untuk menyejahterakan para petani juga,” tambahnya. Sementara untuk rumah warga yang tak layak huni, harus didata semua dan direhab. “Jadi tolong Kades baca baik-baik petunjuk teknis. Bukan hanya mau beli seng terus. Akhirnya banyak rumah yang belang-belang. Tapi dalam aturan itu adalah membuat hunian warga menjadi rumah sehat. Kalau kita mau wujudkan desa maju maka harus bersinergi. Jangan jalan sendiri-sendiri. Kita harus kerja sama supaya beberapa rumah kumuh di Konsel bisa layak huni,” imbuhnya.

Dikesempatan itu, Surunuddin kembali mengingatkan pemerintah desa agar tidak main-main dalam pengelolaan dana. “Jangan ada lagi saya dengar oknum kepala desa ikut bermain dalam pengelolaan ADD. Misalnya, ada program desa dan penyaluran bantuan, Kades ikut berbisnis,” sambung Surunuddin.

Sementara itu, Kepala DPMD Konsel, I Putu Darta menambahkan, rapat tersebut juga dalam rangka memantapkan program-program sejumlah desa yang akan dijalankan tahun 2018. “Misalnya, tahun ini Konsel telah menargetkan harus ada 50 desa maju. Ke depan kita targetkan paling rendah sekitar 100 desa dari 336 wilayah di Konsel,” targetnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top