Tunggu Transfer dari Pusat, Dana BOS Triwulan III Segera Cair – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Tunggu Transfer dari Pusat, Dana BOS Triwulan III Segera Cair

Kepala Dikbud Sultra, H. Damsid

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan III mulai dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra. Usulannya sudah dikirim ke pusat. Kini tinggal menunggu dana transfer melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Sultra.

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Damsid mengatakan dalam waktu dekat akan mengumpulkan seluruh kepala sekolah. Agendanya untuk menyusun rekapitulasi penggunaan anggaran BOS triwulan II yang lalu. Itu sebagai syarat pencairan triwulan III nantinya. “Ada perubahan mekanisme lagi. Saat ini modelnya bukan lagi SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) tetapi rekapitulasi penggunaan anggaran. Bentuknya lebih simpel dari SPJ itu,” ujar Damsid, Kamis (5/10).

Mantan Dekan FISIP UHO itu menambahkan agar tak terjadi kesalahan dalam penyusunan rekapitulasi penggunaan anggaran, Dikbud Sultra akan memandu langsung semua kepala sekolah dalam penyusunan dokumen itu. “Yang penting data-datanya mereka lengkap, kita akan buat pertemuan dan langsung dibikin rekapitulasinya saat itu juga. Karena kalau hanya imbauan, pasti akan lama. Nah kalau kita kumpulkan bisa langsung bertanya kalau ada yang tidak mengerti,” lanjutnya.

Jika merujuk pada jadwal pencairan, seharusnya BOS triwulan III masuk kalender Juli-Agustus-September. Namun hingga bergerak ke Oktober itu masih dalam proses. Damsid tak menampik jika banyak program sekolah menjadi terbengkalai karena keterlambatan dana BOS itu. Hanya saja, Damsid tak mau menyalahkan siapapun, sebab bagi Pemprov semua prosedur pencairan sudah diikuti. “Memang terganggu, karena sekolah juga mau belanja. Tapi itulah, memang dananya belum cair. Kalau minggu ini masuk, minggu ini pula sudah kita cairkan,” janjinya. (ely/c)

Sebaran Dana BOS di Sultra

– Penerima dana sebanyak 583.748 orang
– Tersebar di 3.525 sekolah
– Rinciannya berdasarkan jenjang sekolah :
1. 333.177 murid Sekolah Dasar (SD) dari 2.319 SD
2. 132.860 siswa SMP dari 738 sekolah
3. 85.134 siswa SMA dari 293 sekolah
4. 30.473 siswa SMK dari 145 sekolah
5. 2.104 siswa SLB dari 30 sekolah

Sumber : Dikbud Pemprov Sultra

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top