Pemprov Sultra Terapkan PTODE, Urusan Administrasi Lebih Praktis – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Pemprov Sultra Terapkan PTODE, Urusan Administrasi Lebih Praktis

KENDARIPOS.CO.ID — Urusan administrasi di pemerintahan dengan melewati birokrasi panjang dan berbelit-belit sudah jamak terjadi di negeri ini. Pemprov Sultra berupaya memangkas urusan pelayanan yang berbelit. Kemajuan teknologi saat ini dimaksimalkan untuk menyingkat proses dan memudahkan segala urusan administrasi pemerintahan.

Biro Pemerintahan Setprov Sultra baru saja melaunching model pelayanan baru. Mereka menyebutnya Pelayanan Terpadu Otonomi Daerah (PTODE). Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setprov Sultra Tommy Indra Sukiadi mengatakan selama ini setiap orang atau lembaga yang berhubungan dengan adminitrasi pemerintahan harus menunggu waktu lama untuk semua tahapan mengurus administrasi. “Biasanya harus masukan dulu suratnya, lalu di disposisi ke meja itu atau meja itu. Prosesnya panjang. Belum lagi kalau pejabatnya tidak ada di kantor. Harus menunggu lagi. Nah, saat ini tidak ada lagi seperti itu. Sudah bisa diurus satu pintu, mampir saja di sini (Bagian Otoda),” ujar Tommy Indra Sukiadi di ruang kerjanya, Kamis (5/10).

Untuk itu, pihaknya sudah membentuk tim work yang siap melayani selama berlakunya jam kantor. Beberapa urusan dimaksud Tommy adalah pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD baik kabupaten kota maupun provinsi termasuk juga kepala-kepala daerah yang memundurkan diri atau sudah habis masa jabatannya. “Selain itu juga soal pembebasan lahan, atau batas-batas wilayah bisa kami layani, dan kami jamin tidak ribet karena tim work ini sudah mengetahui tugas masing-masing,” katanya.

Untuk menguatkan sistem pelayanan itu, biro pemerintahan sudah mengantongi Peraturan Gubernur yang kini tinggal menunggu pengesahan dari Plt. Gubernur Sultra, Saleh Latasa. “Pergubnya sudah ada. Tinggal ditanda tangan saja, sebagai payung hukum. Tetapi sebenarnya untuk pelayanan ini sudah ada sejak lama. Hanya desainnya kita rubah supaya cepat dan mudah,” tambahnya. (ely/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top