Pemkab Konsel Canangkan Penanaman Kedelai – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Canangkan Penanaman Kedelai

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (Kiri) saat mencanangkan penanaman kedelai di Desa Tolihe, Baito, kamis(5/10)

KENDARIPOS.CO.ID — Mewujudkan swasembada pangan nasional, kini pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melakukan penanaman kedelai di Desa Tolihe, Kecamatan Baito, Kamis (5/10). Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga mengungkapkan pencanangan tersebut sesuai rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) Konsel, khususnya di bidang pertanian.

“Ini juga sinergi dengan program Kementan, yakni wujudkan swasembada pangan khususnya kedelai. Saat ini Konsel mendapat kuota bantuan lebih dibanding wilayah lain,” kata Surunuddin usai melakukan penanaman perdana di Desa Tolihe, kemarin. Mantan Ketua DPRD Konsel ini menjelaskan, Pemkab juga sudah memikirkan, merancang dan memberikan solusi untuk mendukung suksesnya semua program tersebut. Meski diakuinya ada keterbatasan anggaran.

“Makanya, kami minta dukungan Pemprov dan pemerintah pusat dalam penganggaran. Apalagi lahan petani kita terbatas dan hanya mengandalkan sawah tadah hujan. Kita mendorong peningkatan penghasilan petani dengan cara mengolah lahan berkelanjutan. Contohnya, dari padi ke kedelai atau jagung,” ujar Surunuddin.

Konsel-1 itu berharap pihak Bulog dapat membeli seluruh hasil panen petani, agar program ini jelas manfaatnya dan berkelanjutan. Sementara itu, Kadis Pertanian dan Perkebunan Konsel, Ir. Akbar, M.Si mengatakan untuk mendukung pencanangan progam kedelai nasional, pihaknya sudah menyalurkan benih pada beberapa wilayah potensial.

“Untuk di Kecamatan Baito pembagian benih unggul kedelai terbagi dua kelompok petani di dua desa, Tolihe dan Baito, dengan total luas lahan 70 hektare. Kemudian total luas bantuan penanaman dari Kementan melalui Dinas Pertanian Provinsi ini adalah 1.500 hektare dan diharapkan nanti berhasil. Sehingga kita panen perdana di tempat ini juga. Penanaman ini tentu mendukung terwujudnya visi Desa Maju Konsel Hebat. Jadi bukan hanya slogan saja. Apalagi ada tiga komoditas utama program Kementan nasional yakni padi, jagung dan kedelai,” tambahnya. (c/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top