Pemkab Kolaka Bantu Rehabilitasi 96 RTLH – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka

Pemkab Kolaka Bantu Rehabilitasi 96 RTLH

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Kolaka masih cukup banyak. Pemerintah kabupaten (Pemkab) berinisiatif meminimalisir angka RTLH di Bumi Mekongga tersebut. Pada tahun 2017 ini, melalui Dinas Pemukiman dan Perumahan dialokasikan sebagian anggaran untuk merehabilitasi RTLH melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).

“RTLH di Kolaka itu ada sekitar 4.000 unit. Jumlah tersebut akan kami tekan melalui Program BSPS. Tahun ini kami akan merehab 96 unit rumah warga yang masuk dalam kategori RTLH,” kata Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Kabupaten Kolaka, H. Abbas saat menyerahkan buku rekening pada 96 warga penerima program BSPS bersama Bupati, Ahmad Safei.

Abbas menjelaskan, bantuan BSPS yang diberikan sebesar Rp 10 juta dan disimpan di buku rekening warga. “Jadi uang tersebut tidak bisa dicairkan oleh penerima bantuan. Tetapi hanya bisa dicairkan pemilik toko yang telah bekerjasama dengan kami. Sehingga bantuan uang tersebut nantinya tidak disalahgunakan warga yang mendapat BSPS,” jelasnya.

Mantan Kadis PU Kolaka tersebut menambahkan, bantuan uang Rp 10 juta itu hanya digunakan untuk membeli material. Sedangkan untuk pengerjaannya dilakukan secara swadaya. “Jadi Rp 10 juta itu bukan untuk bangun baru, tetapi untuk rehab. Pengerjaannya dilakukan secara gotong-royong oleh kelompok masyarakat,” ujarnya.

Abbas berharap, dengan program BSPS itu, maka di Kolaka tak terdapat lagi rumah tidak layak huni atau kumuh. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top