Kelurahan Anggoeya Terpilih Sebagai Pengelola Perpustakaan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Kelurahan Anggoeya Terpilih Sebagai Pengelola Perpustakaan

KENDARIPOS.CO.ID — Fungsi Kantor Lurah Anggoeya kini bertambah. Tidak hanya memberikan pelayanan kependudukan dan pemerintahan, tetapi juga berfungsi sebagai perpustakaan. Kelurahan Anggoeya terpilih menjadi satu-satunya pengelola perpustakaan di Kota Kendari yang merupakan program pemerintah pusat.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra memberikan bantuan 1.000 buku dan dua rak buku. Bantuan tersebut merupakan salah satu program pemerintah pusat yaitu satu kelurahan (desa), satu perpustakaan di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, H. La Ongke menjelaskan bahwa pemerintah pusat memprogramkan satu perpustakaan untuk desa dan kelurahan. Anggarannya melalui dana dekonsentrasi pemerintah pusat dengan alokasi bantuan sekira 1.000 buku untuk setiap desa dan kelurahan. “Program ini sudah lama berjalan dan untuk tahun 2017 ini terdapat 10 kabupaten dan kota mendapat bantuan. Setiap kabupaten dan kota hanya diberikan bantuan untuk satu desa atau kelurahan. Untuk Kota Kendari yang terpilih yakni Kelurahan Anggoeya ini,” ujar La Ongke saat ditemui di Kelurahan Anggoeya dalam penyerahan bantuan buku dan rak buku, Kamis (5/9).

La Ongke menambahkan dari 2.080 desa dan kelurahan di Sultra, sudah 1.000 yang telah mendapatkan bantuan. Artinya sudah 50 persen desa dan kelurahan memiliki perpustakaan. Program satu perpustakaan satu kelurahan itu bertujuan menstimulasi dan meningkatkan minat masyarakat untuk membaca buku. “Kita akui bahwa minat membaca masyarakat saat ini memang menurun. Olehnya itu kami berikan perpustakaan agar masyarakat lebih dekat dengan buku sehingga tidak ada alasan untuk malas membaca,” tuturnya.

Dia berharap bantuan yang diberikan di Kelurahan Anggoeya dapat dimanfaatkan dengan baik, dan pihak kelurahan juga dapat melayani seluruh masyarakat yang akan membaca buku. Dan buku yang disediakan bukan hanya buku pendidikan, buku pertanian, peternakan, kesehatan dan bahkan buku trik sulap pun ada. “Semua kalangan bisa masuk kedalam perpustakaan ini, kalau ibu-ibu mau resep kue juga ada,” tutupnya.

Lurah Anggoeya, Anwar Zainuddin mengapresiasi bantuan dan kepercayaan yang diberikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra untuk mengelola perpustakaan tersebut. “Perpustakaan ini akan kami buka secara umum. Selain membaca buku di perpustakaan, warga bisa juga meminjam dan dibaca di rumah,” ujar Anwar Zainuddin. (kmr/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top