Jika Terbukti Memeras, Kesbangpol Siap Cabut SKT LSM Nakal – Kendari Pos Online
Metro Kendari

Jika Terbukti Memeras, Kesbangpol Siap Cabut SKT LSM Nakal

Ridwansyah Taridala

KENDARIPOS.CO.ID — Tindak pemerasan oleh oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) cukup meresahkan masyarakat. Tak terkecuali LSM yang sudah mengantongi surat keterangan tugas (SKT) sebagai legal standingnya. Sikap tak terpuji oknum-oknum tersebut rupanya sudah terpantau Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menegaskan tidak segan-segan mencabut SKT LSM tertentu yang terbukti melakukan tindak pemerasan kepada masyarakat atau lembaga pemerintahan. Ridwansyah mengaku akan berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait bila menemukan oknum LSM yang menyalahgunakan SKT dan melakukan pemerasan agar diproses secara hukum. “Sudah ada memang beberapa kasus oknum LSM yang diamankan polisi karena diduga memeras seperti yang terjadi di Kolaka. Untuk Kota Kendari sejauh ini belum ada dan mudah-mudahan saja tidak ada,” ujar Ridwansyah Taridala, Kamis (5/10).

Untuk mendapatkan SKT, LSM harus memenuhi persyaratan seperti tidak mengganggu ketertiban umum sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan sebagaimana diubah dalam Perppu Nomor 2 tahun 2017. “Jadi selama untuk kepentingan masyarakat silakan (beraktivitas) karena mereka (LSM) sebagai perpanjangan tangan pemerintah. Tapi kalau sudah mengganggu ketertiban maka itu sudah tidak benar dan kalau terbukti kami cabut SKT-nya,” tegas Ridwansyah Taridala.

Kesbangpol Kota Kendari tidak mengobral SKT kepada LSM-LSM. Sebelum SKT diterbitkan, Kesbangpol Kota Kendari lebih dulu melakukan survei untuk memastikan legalitas LSM. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir potensi penyalahgunaan SKT bila diberikan kepada yang tidak bertanggung jawab. “SKT itu sebagai legal standing untuk LSM, agar bisa melaksanakan tugas membantu pemerintah tapi jangan disalah gunakan,” imbaunya. (kmr/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top