Distribusi Air PDAM Kendari Kembali Normal – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Distribusi Air PDAM Kendari Kembali Normal

Damin SE

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah lembur dua hari untuk membenahi pipa transmisi yang bocor, petugas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari kini bisa bernafas lega. Pelayanan yang sempat terganggu sejak Senin lalu, kini sudah bisa normal kembali. Warga Kota Kendari sudah bisa mendapatkan jatah air bersih.

Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin memastikan pelanggan area Puuwatu-Wuawua-Lepolepo-Mandonga-Kemaraya hingga Kota Lama sudah bisa kembali mendapat distribusi air sejak, Rabu lalu. “Alhamdulilah sudah selesai. Hanya dua hari kita hentikan air, karena pipanya harus kering supaya bisa dibenahi,” ujar Damin di ruang kerjanya, Kamis (5/10).

Penyebab kebocoran pipa yang sudah berusia lebih dari 30 tahun itu kata Damin disebabkan posisinya yang tepat berada di bawah jembatan di Kabupaten Konawe. Sehingga kondisi pipa yang terus terendam air sungai dan dihantam bebatuan saat banjir membuatnya menipis hingga akhirnya bocor. “Bocornya sangat besar, sehingga pipanya harus dipotong dan diganti yang baru. Itu yang buat pekerjaannya sangat sulit, tapi sudah bisa ditangani,” tambah Damin.

Meski hanya dua hari mengalami kerusakan, kerugian PDAM kata Damin mencapai ratusan juta rupiah. Itu akumulasi dari angka kehilangan air dan biaya perbaikan pipa induk dari Intake Pohara itu. Namun, bagi Damin, semua itu adalah konsekuensi perusahaan. “Yang penting pelayanan sudah kembali normal. Soal rugi itu sudah bagian dari tanggung jawab lagi,” lanjutnya. Damin menegaskan sejumlah titik pipa induk memang sudah diidentifikasi sangat mengkhawatirkan. Untuk itu stok pipa transmisi tidak bisa kosong. “Kalau kosong itu setiap kebocoran bisa menunggu berminggu-minggu baru tuntas diperbaiki. Tapi kita selalu siapkan stok,” tutupnya. (ely/c)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top