Dintan Buton Remajakan 200 Hektare Jambu Mete – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton

Dintan Buton Remajakan 200 Hektare Jambu Mete

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pertanian Kabupaten Buton mengusulkan peremajaan lahan tanaman jambu mete seluas 200 hektare. Jumlah itu tersebar diberbagai kecamatan sesuai usulan kelompok tani. Rencananya, usulan tersebut akan direalisasikan Kementerian Pertanian pada 2018 mendatang.

Rencana kerja tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Buton, Ir. Azizu, kamis(5/10). Ada kurang lebih 10 kelompok tani sesuai hasil pendataan Kepala Pertanian Kecamatan berdasarkan calon petani calon lahan (CPCL) yang akan mendapat bantuan tersebut. “Nanti bantuan bibit itu akan disalurkan tahun 2018 kalau jadi realisasinya,” ujar Azizu.

Menurutnya, komoditi jambu mete sudah menjadi produk pertanian unggulan Buton yang sudah mendunia. Ekspornya sudah mencapai India dan beberapa negara Eropa. Untuk itu, Distan berfokus mendorong peningkatan produksi tanaman rakyat tersebut. “Salah satu cara kita dengan regenerasi tanaman jambu,” jelasnya.

Untuk tahun ini, Azizu optimis hasil panen jambu mete bakal meningkat. Itu ia prediksi setelah melihat kondisi cuaca bulan September yang sangat bersahabat. “Mete ini tanaman manja. Hujan lebat tidak bisa, kemarau panjang juga kurang bagus. Alhamdulilah akhir-akhir ini cuacanya bagus, kemarau tapi sesekali juga hujan,” paparnya.

Untuk produksi jambu mete gelondongan, sesuai hasil pendataan Distan di tahun 2016 lalu jumlahnya mencapai 912.365 kilogram. Jumlah itu dari total luas lahan 6.123 hektare dengan jumlah petani sebanyak 5.959 orang. Hanya saja jumlah produksi itu menurun dibanding 2015 yang sampai 1.286.250 kilogram. Perbedaan itu terjadi akibat intensitas hujan 2016 yang cukup tinggi sehingga banyak tanaman jambu gagal panen. “Tahun ini tidak bisa diprediksi berapa, hanya saja kami yakin produksinya meningkat,” pungkasnya. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top