30 Alumni USN Jadi Pendamping Pertanian – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

30 Alumni USN Jadi Pendamping Pertanian

Zulfadli Nur/Kendari Pos
Rektor USN, Dr Azhari (tengah) berfoto bersama dengan paraalumni FPPP USN, Selasa (3/10) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sultra, Dr. Azhari melepas 30 sarjana strata satu (S1) Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (FPPP) USN Kolaka di Kampus Baru USN Kolaka, Desa Popalia Kecamatan Tanggetada pada Selasa (3/10) lalu. Para alumni tersebut dinyatakan lolos dalam seleksi tenaga pendamping pada kegiatan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia pertanian (PPSDMP) di wilayah Bumi Anoa. Mereka akan melaksanakan kegiatan pendampingan bersama dosen pembimbing di fakultas tersebut sekitar dua bulan yaitu mulai Oktober hingga November 2017.

Azhari mengapresiasi Fakultas Pertanian USN Kolaka yang telah berupaya untuk mendorong alumni mendapat kepercayaan sehingga bisa digunakan oleh pihak Kementerian Pertanian. Menurutnya, kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai bentuk sosialisasi gratis tentang kelembagaan atau fakultas yang ada di USN Kolaka karena akan menjadi daya tarik ketika para alumni melaksanakan perannya di lapangan.

Dia menuturkan, peluang dan kesempatan kali ini harus dimanfaatkan oleh para alumni. Sebab sertifikat pendampingan akan sangat berguna untuk kredit poin untuk pendamping dalam mendukung pengalaman atau prasyarat yang diperlukan. Olehnya itu, Azhari berharap para alumni di lapangan dapat berbuat yang terbaik dengan menunjukkan prestasi agar masyarakat dapat menilai.

“Saya sangat berharap tunjukkanlah sikap yang baik, pendekatan yang baik karena itu akan memudahkan. Bagaimana menyesuaikan diri dan berbaur dengan masyarakat. Pendekatan-pendekatan budaya perlu didalami agar dapat mengikuti kebiasaan yang ada di masyarakat. Dengan catatan tradisi tersebut tidak melanggar keyakinan kita,“ pesannya.

Sementara Koordinator Pendampingan/Pengawalan Kegiatan APBN-P Pertanian USN Kolaka, Dr. Marlina Mustapa menjelaskan, pendampingan kali ini melibatkan 40 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia, termasuk USN Kolaka. Katanya, berdasarkan hasil seleksi, jumlah pendaftar mencapai 58 orang dan 30 orang dinyatakan lulus seleksi dan diterima dan disebar pada wilayah sasaran yakni Kabupaten Bombana, Kolaka, Kolaka Timur, serta Kolaka Utara. “Komoditas yang didampingi di empat wilayah tersebut yaitu komoditi kakao. Sedangkan komoditi kedelai di Kolaka, dan komoditi cabe di Kolaka Timur, “paparnya. (fad/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top