Memprihatinkan ! Perusahaan Tambang Cemari Laut di Konawe Utara – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Memprihatinkan ! Perusahaan Tambang Cemari Laut di Konawe Utara

Kondisi perairan laut Desa Tapunggaya Kecamatan Molawe sudah berubah warna akibat aktivitas pertambangan. Foto : Helmin/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Dua perusahaan pertambangan dituding mencemari perairan laut Desa Tapunggaya, Kecamatan Molawe, Konawe Utara (Konut). Dua perusahaan itu disebut berbendera PT Sriwijaya dan PT Bumi Konawe Minerina (BKM). Ketua Komisi II DPRD Konut, Makmur yang ditemui kemarin mengungkapkan, air yang menguning di laut Tapunggaya disebabkan aktivitas pertambangan yang tidak ramah lingkungan.

Makanya, pihaknya mengagendakan turun lapangan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap aktivitas pertambangan di wilayah tersebut. “Waktu jalan-jalan bersama keluarga di Tapunggaya, saya lihat lautnya jadi kuning. Saya tanya warga sekitar, katanya gara-gara tambang yang beroperasi di situ. Makanya ini sementara kita buat jadwal turun lapangan secara kelembagaan,” ujar politisi PAN Konut itu.

Terkait pencemaran lingkungan yang menyebabkan laut menguning semestinya pihak perusahaan wajib melaporkan kegiatannya maksimal dua kali dalam satu tahun Badan Lingkungan Hidup (BLH). “Tapi ini perusahaan tidak pernah melaporkan kegiatan lingkungannya,” tuding Makmur. Agenda DPRD Konut dalam pengawasan di bidang pertambangan akan mempersoalkan sejauh mana realisasi UKL/UPL perusahaan pertambangan. “Ada beberapa yang perlu kita awasi diantaranya UKL/UPL, jembatan titian, tenaga kerja termasuk pengawasan yang masih domain pemerintah daerah. Secepatnya kita akan turun lapangan,” janji Ketua Fraksi PAN DPRD Konut itu. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top