Kapolda Sultra : Media Mendukung Kerja Polisi – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Kapolda Sultra : Media Mendukung Kerja Polisi

Foto Bersama : Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (duduk, kelima dari kiri) beserta jajaran silaturahmi ke Mapolda Sultra, kemarin (4/9). Disambut langsung Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto (duduk, keenam dari kiri) bersama pejabat utama Polda Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Kepolisian Daerah (Polda) Sultra menunjukkan tren positif dibawah kepemimpinan Brigjen Pol Andap Budhi Revianto. Meski baru delapan bulan menjabat, namun sederet prestasi berhasil ditorehkan. Mulai dari kesuksesan menangani kasus besar hingga membawa anggotanya mendapatkan penghargaan di level nasional.

Sebagai contoh, sejak pertama kali menjabat hingga sekarang, Polda Sultra berhasil membekuk puluhan pelaku dan pengedar obat PCC. Kasus yang sempat membuat geger warga Kota Kendari bahkan sampai ke nasional ini, mampu ditangani dengan cepat oleh institusi yang dipimpinnya. “Malah sebenarnya, sebelum kasus ini (PCC,red) merebak, saya sudah punya firasat. Makanya, saya minta anggota untuk siaga. Sehingga ketika terjadi, pelakunya bisa langsung ditangkap,” ungkap Brigjen Pol Andap saat menerima kunjungan Direksi dan Manajemen Kendari Pos di Mapolda Sultra, Rabu (4/9).

Masih soal kasus PCC, sejak Januari hingga Oktober, sudah ada 22 kasus yang diungkap. Kata dia, kalau mau ego sektoral, bisa saja persoalan ini diserahkan kepada lembaga lain. Namun karena Polri punya komitmen untuk memberantas kasus seperti ini, makanya bergerak cepat. “Bersama lembaga terkait, kita sinergi untuk menyelesaikan kasus seperti ini,” ujarnya.

Hal lain, Polda Sultra juga sedang giat kampanye perlindungan hutan dari bahaya kebakaran. Andap mengaku sudah mengistruksikan seluruh jajaran untuk menjaga wilayah masing-masing dari bahaya kebakaran hutan sekaligus memberi edukasi kepada masyarakat kalau sudah telanjur. “Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Pengganti Brigjen Pol Agung Sabar Santoso menambahkan, soal pembinaan anggota juga sudah dilakukan dengan baik. Terbukti, ada salah satu anggota bhabikamtibmas yang masuk menjadi satu diantara 70 icon Indonesia. Namanya Brigadir Muh Saleh yang mendapat apresiasi dari Presiden berkat ide cerdasnya membangun sekolah dan mengajar anak-anak di pelosok Bombana, tanpa dibayar.

Bukan hanya itu, ada juga anggota bhabikambitmas yang hartanya untuk pembangunan TPA dan masih banyak lagi. Semua itu, lanjut dia, dilakukan semata-mata untuk kepentingan masyarakat. “Niatnya memang membangun masyarakat. Semoga ke depan, lebih banyak lagi yang mengikuti jejak mereka,” harapnya.

Prestasi lain yang tak kalah membanggakan, Ditlantas Polda Sultra mendapat penghargaan dari Kakor Lantas Mabes Polri karena sukses menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Malah menjadi yang terbaik secara nasional. “Dalam beberapa bulan terakhir, angka kecelakaan di Sultra turun drastis. Ini berkat kerja keras bersama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Andap menjelaskan, semua kesuksesan itu tidak akan banyak diketahui masyarakat kalau tidak diberitakan lewat media, salah satunya Kendari Pos. Menurutnya, ini penting disampaikan ke publik supaya menjadi inspirasi bagi banyak orang. “Media sangat mendukung kerja Polisi. Baik secara langsung maupun tidak langsung,” ungkapnya. Media selalu menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai upaya yang dilakukan kepolisian, baik dari aspek pencegahan maupun penindakan. “Jadi, kami apresiasi peran media selama ini. Media adalah rekan dan mitra kepolisian,” ucap pria yang dikenal ramah ini.

Berkaitan dengan informasi, lanjut dia, Polisi sangat terbantu dengan keberadaan media. Sebab tidak sedikit, informasi baru didapatkan justru dari pemberitaan media. Biasanya informasi media lebih cepat. “Saya harap sinergi dengan media bisa terus dipertahankan,” harapnya. Masih soal pemberitaan, Andap mengapresiasi Kendari Pos yang tidak terlalu memfollow up berita yang berkaitan dengan demonstrasi. “Saya kira ini positif, karena kalau dibesar-besarkan, dampaknya juga bisa bias,” terangnya. Andap didampingi Wakapolda dan sejumlah pejabat utama Polda Sultra saat menyambut kedatangan rombongan Kendari Pos.

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin berharap agar hubungan media dengan Polri terus terjalin dengan baik. Menurutnya, Kendari Pos memang selalu berusaha mengemas pemberitaannya dengan hal positif. Misalnya, kalau hanya sekadar aksi demonstrasi, biasanya tidak terlalu di follow up. “Jika hal itu bisa memprovokasi masyarakat, maka kami memilih tidak memberitakannya. Karena ini berkaitan dengan kondisi Kamtibmas,” ujarnya. Irwan juga berharap sinergi media dengan Polri tetap terjalin dengan baik. Tak lupa, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang tidak biasa dari Kapolda beserta jajaran. “Semoga dengan silaturahmi ini, hubungan bisa semakin akrab dan solid,” imbuhnya. (b/ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top