Berkas Oknum Apoteker Diteliti Jaksa, Tramadol Disuplai dari Makassar – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Berkas Oknum Apoteker Diteliti Jaksa, Tramadol Disuplai dari Makassar

KENDARIPOS.CO.ID — Dua oknum aporeker diduga terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan pil tramadol. Berdasarkan penyelidikan Ditresnarkoba Polda Sultra, apoteker berinisial WYK (32) bersama asistennya AL (27) diduga menjual obat-obatan tanpa resep dokter dan digunakan puluhan remaja mabuk beberapa waktu lalu. Kedua wanita ini diciduk di salah satu apotek di Kota Kendari.

Rupanya, obat-obatan yang dijual itu di suplai dari Makassar dan dimasukkan dalam apotek tanpa sepengetahuan pemilik. Menurut Direktur Ditresnarkoba Polda Sultra, Kombes Satria Adhi Permana, berkas dua tersangka, WYK dan AL sudah dirampungkan setelah memeriksa saksi-saksi. Polisi hanya menetapkan dua wanita ini sebagai tersangka berdasarkan bukti-bukti. Keduanya dianggap berinisiatif membeli tramadol. Sedangkan pemilik apotek tak ditetapkan tersangka. “Hasil pemeriksaan seperti itu. Jadi, apoteker ini beli (tramadol) sama wanita yang sudah kami amankan tanpa sepengetahuan pemilik apotek,” ujar Kombes Satria tanpa menyebut siapa wanita yang menjual kepada WYK dan AL, Rabu (4/10).

Saat ini kata Kombes Satria kasus ini terus diproses. Sejauh ini, proses hukum sudah masuk ke kejaksaan. Berkas perkara kedua tersanagka masih diteliti jaksa di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra. Kalau sudah dianggap lengkap, maka secepatnya dilimpahkan.”Sudah kita kirim berkasnya. Kami masih koordinasi dengan pihak kejaksaan,” beber Kombes Satria. Kedua wanita itu dijerat Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Polisi menerapkan pasal 197 juncto pasal 106 ayat (1) subsider pasal 196 juncto pasal 98 ayat (2) dan (3). Para tersangka ini dijerat dengan unsur pidana karena menyimpan, memperjualbelikan tanpa hak. Ancaman hukuman 15 tahun penjara. (ade/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top