64 Peserta Ikuti Seleksi Wawancara Panwascam Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

64 Peserta Ikuti Seleksi Wawancara Panwascam Kendari

Suasana Para Pelamar Panwascam Kota Kendari tengah mengikuti seleksi tes tertulis di SMAN 4 Kendari, Minggu (1/10). Foto : Marwan Abidin / KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi panitia pengawas kecamatan (Panwascam) Kota Kendari telah memasuki tahap wawancara. Sebanyak 64 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi tes terlulis berhak mengikuti tes wawancara yang digelar tanggal 3 s.d 7 Oktober 2017. Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari, Sahinuddin mengatakan seleksi wawancara akan dibagi dalam dua sesi. Hari pertama, masing-masing pelamar akan diberi kesempatan mempresentasekan motivasi maju sebagai panwascam. Sesi berikutnya yakni tahap interview. Untuk menentukan siapa yang mendapat giliran duluan, Panwaslu menerapkan sistem pencabutan lot.

Pada tahapan ini, para peserta akan diuji sejauh mana kompetensi dan pengetahuannya menyangkut penyelenggaraan Pemilu. Pasalnya, mereka akan berhadapan dengan persoalan kepemiluan. Untuk itulah, peserta harus memperkuat pemahamannya tentang penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini. “Jadi masing-masing calon Panwascam akan kita gali pengetahuannya. Kami juga akan mempertanyakan integritas, profesionalitas dan independensi mereka (calon panwascam). Sebab salah satu syarat suksesnya Pilgub mendatang harus didukung petugas pengawasan yang berkualitas,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kepada Kendari Pos.

Sesuai jadwal, pelaksanaan tes wawancara akan berakhir tanggal 7 Oktober. Sehari setelahnya, Panwas Kendari akan mengumumkan hasil seleksinya. Pada tanggal 10 Oktober, pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi, tes tertulis dan tes wawancara akan dilantik.”Legalitas mereka akan dikukuhkan tanggal 10 Oktober mendatang. Sebelum ditugaskan di masing-masing kecamatan, terlebih dahulu mereka akan di beri bimbingan teknis (Bintek) menyangkut tugas dan kewenangannya,” pungkasnya.

Di Konawe Kepulauan (Konkep), seleksi Panwascam juga telah memasuki tahap wawancara. Dari hasil tes tertulis, 48 calon dinyatakan lulus. “Hanya 48 peserta yang berhak maju ke tahap wawancara. Setiap kecamatan, rata-rata meloloskan 7 orang calon. Sesuai jadwal, tes wawncara akan berlangsung dua hari. Tes ini merupakan tes akhir Panwascam Konkep,” kata Nur Rahmat, Ketua Panwaslu Konkep saat ditemui Rabu, (4/10).

Seleksi tes wawancara kata dia, tetap merujuk pada juknis penerimaan Panwas. Pada seleksi terakhir, hanya 21 orang yang akan diterima. “Semuanya mengacu pada juknis kalau terdapat kesamaan nilai tiap peserta. Kami menjamin seleksi ini, benar-benar murni. Tidak ada istilah titipan,” tandasnya. (b/san/wan).

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top