2018, RSUD Buton Tengah Mulai Beroperasi – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Tengah

2018, RSUD Buton Tengah Mulai Beroperasi

Direktur RSUD Buteng, dr Karyadi saat memeriksa ranjang rawat inap pasien. Foto : Yusuf/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buton Tengah (Buteng) berencana membuka layanan pada masyarakat pada tahun 2018 mendatang. Saat ini, rumah sakit tipe D tersebut sementara dalam proses pembangunan dan pengadaan beberapa alat kesehatan (Alkes). Direktur RSUD Buteng, dr. Karyadi menjelaskan, tahun depan rumah sakit pemerintah itu baru akan membuka pelayanan dasar nonoperasi, karena pihaknya dituntut segera melayani masyarakat.

Ia berjanji akan meningkatkan layanan secara bertahap, mengingat banyak hal yang harus disediakan lebih dulu. “Salah satu pertimbangan belum ada layanan saat ini, karena listrik dan air bersih tak tersedia. Sebenarnya, kita sudah usulkan sejak tahun 2016 lalu, namun yang terealisasi saat ini baru tiang listriknya,” ungkap Karyadi, kepada Kendari Pos.

Saat ini pihak RSUD juga telah mengadakan sejumlah Alkes dengan nilai mencapai Rp 3,1 miliar. Sarana prasarana yang dimaksud terbagi dalam alat operasi, perawatan poli, laboratorium dan rawat inap. “Untuk rawat inap sudah ada ranjangnya dan lemari obat bagi pasien, termasuk tabung oksigen. Sementara untuk laboratorium sudah ada hematologi analizer, urine analizer, kimia klinik dan beberapa peralatan lainnya. Untuk pengadaan Alkes ini kontraknya akan berakhir Oktober, sehingga ada beberapa barang yang sementara dalam perjalanan. Jika untuk pengadaan Alkes secara lengkap, kita memperkirakan butuh dana kurang lebih Rp 100 miliar,” jelasnya.

Karyadi mengungkapkan, saat ini pihaknya sementara melaksanakan pembangunan gedung rawat inap dengan dana kurang lebih Rp 3,9 miliar. Selain itu, ada beberapa gedung belum ada di area RSUD tersebut seperti ruang operasi, radiologi dan Intensive Care Unit (ICU), termasuk beberapa peralatan yang ada. “Kita melengkapi semua gedung secara bertahap,” tutupnya. (c/myu)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top