Polres Kolut Tetapkan Tersangka Pemilik Handak, Satu Ditahan, Satu DPO – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Polres Kolut Tetapkan Tersangka Pemilik Handak, Satu Ditahan, Satu DPO

KENDARIPOS.CO.ID — Lima warga Pakue terduga memiliki dan menguasai bahan peledak (handak) yang di ringkus akhir pekan lalu masih menjalani pemeriksaan. Penyidik sudah menetapkan dua orang sebagai tersangka namun satu diantaranya masih buron. Polisi menetapkan daftar pencarian orang (DPO). Kasat Reskrim Polres Kolut, AKP Muhammad Salman melalui penyidik pembantu Satreskrim, Brigadir Abdul Kamal menjelaskan dari lima orang yang sebelumnya diamankan di rumah Kemmang bin Namba, Jumardi bin Kemmang, Syafar, Jasman dan Anjas hanya dua orang terbukti memiliki barang peledak itu yakni Kemmang dan Syafar. Syafar saat ini DPO karena kabur saat digerebek. “Kemmang sudah kami tahan dan lainnya hanya sebatas saksi,” ujar Brigadir Abdul Kamal.

Dari keterangan Kemmang, bahan handak itu dibeli di Belopa, Sulawesi Selatan (Sulsel) seharga Rp. 110 ribu per locis (alat picu). Ia merakit sendiri dengan cara belajar dari orang lain. Komposisi bom ikan yakni locis, pupuk berbahan amonium nitrat, minyak tanah, korek kayu dan potongan sandal jepit.

Sementara itu menyangkut Safar yang saat ini dalam pengejaran petugas belum mendeteksi pelariannya. Dirumah Syafar, polisi menemukan 35 liter pupuk berbahan amonium nitrat dalam jergen serta dalam satu botol yang berisikan bahan yang sama. Kemmang dan Safar terancam Undang-undang darurat Nomor 12 Tahun 1951 Pasal 1 Ayat 1 dengan pidana maksimal 20 tahun penjara. (rus/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top