KPU Buton Lakukan Verifikasi Parpol – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Politik

KPU Buton Lakukan Verifikasi Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurus partai politik (Parpol) di Buton harus segera mempersiapkan diri. Sesuai jadwal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton mulai melakukan verifikasi Parpol peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tanggal 3 Oktober 2017. Makanya, sejumlah item akan menjadi fokus pemeriksaan lembaga resmi penyelenggara pesta demokrasi itu. Partai politik pun diminta menyiapkan data verifikasi dan bersikap kooperatif selama pemeriksaan tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Buton, Alimuddin saat dihubungi Kendari Pos. Dikatakannya, beberapa persiapan sudah dilakukan untuk mendukung verifikasi itu. “Sabtu kemarin kami sudah sosialisasi dengan Parpol,” jelasnya. Lebih rinci, Burhan menjelaskan jika verifikasi akan dilakukan dua tahap. Yakni verifikasi administrasi dimulai 3 Oktober hingga 14 November mendatang. Setelah itu, verifikasi faktual yang dilakukan sesudahnya hingga Februari 2018 mendatang.

Untuk verifikasi administrasi, poin terpenting menjadi item pemeriksaan salinan bukti pendaftaran Parpol di KPU RI, Kartu Tanda Anggota Parpol dan KTP el anggota. “Aturannya, keanggotaan partai tidak boleh ganda ataupun terdaftar lebih dari satu Parpol. Itu salah satu yang kami lihat,” sembari menjelaskan jika masih ada item lain yang bakal diperiksa.

Untuk verifikasi faktual, metodenya, lanjut Burhan, KPU akan mengunjungi sampel anggota suatu Parpol untuk dicek kebenaran datanya. Selain itu, bisa juga Parpol sendiri mengumpulkan anggotanya di sekretariat partai untuk dikunjungi KPU. “Tapi itu nanti usai pemeriksaan administrasi. Semua proses ini, kami minta kerja sama semua Parpol” paparnya.

Untuk tim verifikasi sendiri nantinya terdiri dari tiga orang, tetapi menggunakan sistem kerja kolektif kolegial. “Artinya hanya tiga orang di tim, tapi semua anggota KPU akan bekerja membantu verifikasi,” urainya. Diketahui ada 18 Parpol terdaftar di Buton, hanya saja yang melakukan registrasi di KPU Buton baru 14 Partai diantaranya 9 Parpol lama (peserta Pemilu 2014) dan 5 Parpol baru. Sesuai Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017, jabar Burhan, semua Parpol baik parpol lama maupun parpol baru wajib mengikuti tahap verifikasi ini. “Jadi semua belum menjadi peserta pemilu sebelum diverifikasi dan ditetapkan oleh KPU pusay pada Februari nanti,” imbuhnya. (b/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top