Dua Kecamatan di Busel Rawan Bencana – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Selatan

Dua Kecamatan di Busel Rawan Bencana

Laode Harwanto

KENDARIPOS.CO.ID — Dua kecamatan di Buton Selatan (Busel) diidentifikasi sebagai daerah rawan bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Busel menyebut, wilayah tersebut adalah Batauga dan Sampolawa. Kepala BPBD Busel, Laode Harwanto mengatakan dua kecamatan tersebut rawan bencana banjir dan tanah longsor saat musim penghujan tiba.

“Penetapan distrik itu sebagai daerah rawan bencana sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Kondisi alam membuat dua kecamatan ini masuk area waspada,” ujar Harwanto, di ruang kerjanya, senin(2/10).

Ia menjelaskan, kondisi hutan di Sampolawa dan Batauga memang mengalami kritis. Diperkiraakan sekitar 400 hektare hutan sudah hilang. Kondisi kritis hutan itu disebabkan karena praktik penebangan liar oleh oknum tak bertanggung jawab. Sehingga jika hujan lebat turun, maka aliran air tidak lagi terserap oleh akar pepohonan dan langsung mengalir ke daerah rendah. Peristiwa banjir besar pada Juni 2017 lalu memberi gambaran betapa berbahayanya jika hutan mengalami kerusakan kritis.

“Pada tanggal 7, 11 dan 12 Juni terjadi bencana banjir berturut- turut dan ini karena hutan di daerah kami sudah gundul, ” katanya. BPBD Busel telah membentuk tim siaga yang bertugas jika bencana memang terjadi. Untuk pencegahannya juga dilakukan melalui penyuluhan pada masyarakat dan sosialisasi terutama pada dua kecamatan tersebut dengan mengandeng Dinas Pertanian. Dua instansi itu sepakat mulai melakukan reboisasi hutan pada tahun 2018. (c/m2)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top