AS Tamrin Belum Punya Lawan di Pilwali Baubau – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

AS Tamrin Belum Punya Lawan di Pilwali Baubau

KENDARIPOS.CO.ID — AS Tamrin sejauh ini sudah mengantongi dukungan beberapa partai politik (Parpol) besar. Seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Nasional Demokrat (Nasdem) dan Golkar. Kalau diakumulasi, gabungan tiga Parpol ini sudah mencapai 8 kursi. Itu artinya sudah melewati syarat minimal pencalonan, yakni 6 kursi. Peluang Wali Kota Baubau ini mendapatkan tambahan dukungan Parpol juga masih terbuka lebar. Sebab Gerindra, PDIP, PKS sudah memberikan sinyal untuk memberikan dukungannya. “Saya optimis bakal didukung banyak Parpol,” ujar AS Tamrin, kepada Kendari Pos.

Sebagai incumbent, peluang Ketua DPD PAN Baubau ini kembali memenangkan Pilwali memang terbuka lebar. Sebab, dia sudah punya investasi sosial berupa hasil kerja selama lima tahun. Dengan kinerjanya yang lumayan bagus membangun Kota Baubau, sehingga masyarakat kemungkinan masih akan memilihnya. “Saya optimis akan hal itu. Masyarakat sekarang sudah pintar melihat, mana pemimpin yang mampu membangun,” jelasnya.

Peluang AS Tamrin mendapatkan tambahan dukungan Parpol didukung oleh pernyataan Ketua Tim Deks Pilkada PDIP Sultra, Agus Sanaa. Dia mengaku dari 16 bakal calon yang ikut pembacaan visi misi dan diajukan ke DPP, nama AS Tamrin paling berpeluang. “Sangat mungkin. Karena hanya orang tua itu (AS Tamrin) yang jalur komunikasinya sesuai mekanisme partai,” katanya.

Sebenarnya, lanjut dia, ada beberapa nama yang juga berpeluang diusung PDIP. Hanya saja, PDIP menilai beberapa Balon tersebut dianggap melanggar ketentuan partai. “Saya suda ingatkan saat pembacaan visi misi dulu, agar jangan ada Balon yang coba berhubungan dengan orang di luar struktur partai. Karena itu akan di cancel. Tetapi saya dengar ada yang coba ketemu di kebun-kebun. Ngapain berhubungan dengan mereka. Memangnya orang di luar struktur partai yang mengeluarkan rekomendasi. Makanya, AS Tamrin sangat besar peluanganya (direkomendasikan PDIP). Karena ia sesuai prosedur partai,” tegasnya.

Sejauh ini, AS Tamrin belum punya lawan. Dengan kata lain, baru dia yang sudah aman dengan dukungan Parpol. Sementara kandidat lainnya, seperti Roslina Rahim dan Maasra Manarfa belum jelas kendaraan politiknya. Kendati begitu, Roslina menegaskan sudah menjalin komunikasi dengan banyak Parpol dan dalam waktu dekat keluar rekomendasinya.

Dari beberapa kandidat yang akan tampil di Pilwali Baubau, ia mengklaim hanya dirinya yang serius maju. Makanya, secara kesiapan sudah menggandeng Laode Yasin Mazadu sebagai calon wakil. “Kami sudah punya gambaran, mau diapakan Baubau ini ke depan. Sementara kandidat lain baru sebatas retorika,” katanya.

Sebagai politisi PAN, dia mengaku siap menerima konsekuensi. Tidak hanya mundur dari kursi Ketua DPRD, namun ancaman sanksi lantaran tidak mendukung rekannya di PAN yang juga calon petahana. Apalagi DPP PAN telah memberi rekomendasi pada AS Tamrin. “Ya, saya sadar dengan posisi dan konsekuensi yang harus diterima (jika harus di PAW),” imbuhnya.

Kandidat lainnya, Maasra Manarfa juga belum mengantongi dukungan Parpol. Meski punya kedekatan dengan PBB, namun hingga saat ini belum ada rekomendasi untuk dirinya. Malah, Ketua DPW PBB Sultra, Ruksamin menegaskan akan memberikan dukungan pada figur yang memiliki keterpilihan tinggi. (b/wan/ahi/ing)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top