Pemkab Wakatobi Segera Tertibkan Pelabuhan Tikus – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Segera Tertibkan Pelabuhan Tikus

KENDARIPOS.CO.ID — Maraknya aktivitas pelabuhan ilegal atau yang biasa dikenal dengan sebutan “pelabuhan tikus” di Wakatobi sudah menjadi pemandangan jamak. Sampai kini, pemerintah kabupaten (Pemkab) belum mampu mengatasi kegiatan ilegal yang merugikan daerah itu.

Sayangnya, Pemkab baru berencana menertibkan dermaga yang berfungsi dan terstatus ilegal tersebut. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu mengaku, pihaknya telah mengetahui aktivitas pelabuhan tikus di Wakatobi khususnya di ibu kota, Wangiwangi. Meski telah melakukan sejumlah langkah untuk menutup pelabuhan itu, namun Pemkab Wakatobi melalui dinas terkait belum juga berhasil.

“Pelabuhan Marina ini akan kita tambah panjangnya. Di situ akan ada ruang publik, perdagangan dan lainnya. Otomatis dermaga-dermaga lain akan hilang dengan sendirinya,” ungkapnya. Mantan Kepala Bapedda Buton ini mengakui, keberadaan pelabuhan tikus jelas merugikan daerah. Selain tak mengantongi izin, pemilik pelabuhan juga enggan membayar retribusi.

“Makanya kita akan lakukan pendekatan persuasif pada pemilik dermaga-dermaga itu. Nanti kita juga akan memberikan kompensasi ke mereka,” ujar Ilyas. Selain itu, ia juga menegaskan keberadaan Pelabuhan Numana bagi kapal penumpang antar pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko masih belum efektif. Sehingga perlu ada pembenahan agar bisa difungsikan semaksimal mungkin. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top