Pemkab Konsel Validasi Data Atasi Kemiskinan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Validasi Data Atasi Kemiskinan

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Bimbingan teknis verifikasi dan validasi data PBDT di Konsel yang dipimpin Sekretaris Kabupaten, H. Sjarif Sajang (kedua dari kiri).

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Sosial menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dan validasi pemuktahiran basis data terpadu (PBDT) dalam penangan angka kemiskinan di daerah itu. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang, M.Si yang memimpin Bimtek tersebut mengungkapkan, penanggulangan kemiskinan merupakan bagian dari visi misi dan program pemerintah pusat.

“Salah satunya adalah peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui program perlindungan sosial yang salah satu implementasinya berupa program keluarga harapan (PKH). Nah, verifikasi data miskin ini sangat penting. Jadi saya harap tenaga teknis pendamping melakukan validasi secara akurat dan benar. Karena ini menyangkut data base masyarakat miskin di Konsel,” jelasnya, akhir pekan lalu.

Sjarif mengharapkan, dari verifikasi yang dilakukan pendamping itu dapat menghasilkan data base masyarakat miskin yang akurat dan terkini. “Berkaitan dengan hal tersebut verifikasi dan validasi harus dilakukan secara terus menerus untuk memastikan keakuratan data kemiskinan di Konawe Selatan,” tegas mantan Kadishub Kota Kendari ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Jafar, menambahkan, dasar pelaksanaan Bimtek itu sesuai hasil Rakor tingkat nasional seluruh kepala daerah di Jakarta tentang peningkatan peran aktif pemerintah daerah dalam verifikasi dan validasi data terpadu. Termasuk penanganan fakir miskin dan hasil Bimtek sistem informasi kesejahteraan sosial-next generation (SIKS-NG).

“Tujuannya meningkatkan pemahaman tenaga teknis dalam melakukan pendataan keluarga miskin di Konawe Selatan,” tambahnya. Kegiatan tersebut diikuti 100 tenaga pendamping PKH dan tenaga kesejahteraan sosial kemasyarakatan.

Di tempat yang sama, Kasi Data dan Informasi Dinas Sosial Konsel, Akbar Abusakti menambahkan penerima PKH di Konsel sampai tahun 2017 sebanyak 8.614. keluarga penerima manfaat (KPM). “Kemudian dari hasil kunjungan menteri sosial beberapa bulan lalu untuk Kabupaten Konsel mendapat tambahan kuota penerima PKH sebanyak 15.000 KPM,” timpalnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top