Pegadaian Syariah Kendari Helat Seminar Arrum Haji – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Pegadaian Syariah Kendari Helat Seminar Arrum Haji

Wa Ode Febriani/Kendari Pos Suasana seminar Arrum Haji yang dihelat Pegadaian Syariah Kendari di Plaza Inn Hotel Kendari by Horison, Sabtu (30/9)

KENDARIPOS.CO.ID — Demi mengenalkan produk Arrum Haji buat konsumen, Pegadaian Syariah Kendari pun menggelar Seminar Arrum Haji, Sabtu (30/9) pekan lalu di Plaza Inn Hotel Kendari by Horison. Sekira 126 peserta yang dihimpun bersama Pegadaian Cabang Kendari (konvensional), terlihat cukup bersemangat menerima arahan dari Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, H. Samsuri sekaligus materi bertajuk Arti dan Keutamaan Haji oleh Dr. H. Sukring.

Pemimpin Cabang Syariah Kendari PT. Pegadaian (persero), A. Indrasafri S. menjelaskan, mereka yang mendaftar Arrum Haji saat acara seminar berlangsung, langsung diberi benefit bebas biaya administrasi, tabungan emas senilai Rp 150 ribu, souvenir, emas 1 gram masing-masing untuk tiga pendaftar pertama bahkan hadiah umrah.

“Ini dihadiri oleh nasabah existing, dan dalam seminggu terakhir kami aktif sosialisasi produk secara massive. Pertama lewat medsos, kemudian radio dan kebanyakan dilakukan lewat loket Pegadaian,” urainya.

Sejatinya, Seminar Arrum Haji adalah program rutin Pegadaian senIndonesia yang menetapkan bahwa seluruh outlet baik konvensional maupun syariah wajib menggelar seminar. Untuk tahun ini, seminar Arrum Haji sudah tiga kali digelar, yakni di Kabupaten Kolaka, Kota Baubau dan Kota Kendari.

“Sebenarnya kami bisa menggelar acara serupa di lebih banyak tempat. Namun, kendalanya adalah Bank Syariah tidak tersedia di semua kabupaten/kota,” ujarnya.

Adapun produk Arrum Haji sudah ada sejak tahun lalu. Dari data Kemenag, masa tunggu saat ini selama 14-15 tahun. Ia berharap, ada penambahan kuota di tahun-tahun berikutnya agar masa tunggu tidak terlampau panjang.

Sebagai perusahaan milik pemerintah, pada dasarnya Pegadaian Syariah dituntut untuk menyumbangkan pemasukan buat negara tanpa mengesampingkan kebutuhan masyarakat kecil. Contoh, untuk produk gadai, pihaknya tetap melayani pinjaman Rp 20-50 ribu. Ini jelas tidak dimiliki lembaga lainnya.

Sementara Arrum Haji mampu membantu masyarakat yang ingin naik haji dengan memberikan pinjaman. Sehingga, masyarakat tidak perlu bingung harus kemana untuk mencari uang pendaftaran haji. Ketentuannya, customer hanya perlu menitipkan emas batangan ataupun perhiasan emas senilai 15 gram atau setara dengan Rp 7 juta. Setelah itu, Pegadaian Syariah membayarkan setoran awal biaya naik haji dan langsung disampaikan ke pihak Kemenag dan nomor porsi haji langsung diperoleh. “Bulan berikutnya peserta mulai mengangsur dengan pilihan 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, 36 bulan, 48 bulan atau 60 bulan angsuran,” tutupnya. (feb/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top