DAU Butur Dikurangi, DAK Naik Rp 16 M – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

DAU Butur Dikurangi, DAK Naik Rp 16 M

KENDARIPOS.CO.ID — Draf kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD-P 2017 Kabupaten Buton Utara (Butur) telah tuntas disusun tim anggaran pemerintah. Hasilnya, ada finalisasi anggaran dari dana alokasi umum (DAU) yang dikurangi Rp 4 miliar, namun dana alokasi khusus (DAK) bertambah Rp 16 miliar.

Plt Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton Utara, La Ode Siam menuturkan, pengurangan DAU bisa tertutupi dengan adanya penambahan DAK yang digelontorkan pemerintah pusat. Meski demikian, mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) itu belum bisa menjabarkan, DAK sebesar Rp 16 miliar itu akan diporsikan pada program apa saja.

“DAK itu merupakan anggaran tahun 2016, namun tidak terealisasi penggunaannya. Sehingga dialihkan pada tahun 2017 oleh pemerintah pusat,” ujar La Ode Siam saat ditemui di Kantor Sekretariat Kabupaten (Setkab) Butur, akhir pekan lalu. Menurutnya, pengurangan DAU berdampak beberapa program dan kegiatan pemerintah yang terpaksa ditunda.

Asisten III Setkab Butur itu berharap, anggaran DAK tambahan bisa digunakan untuk pembangunan infastruktur. Terutama pembenahan jalan rusak sehingga dapat menunjang program lainnya seperti pariwisata maupun peningkatan ekonomi kerakyatan lainnya. “Kurang lebih APBD-P Butur sebesar Rp 600 miliar lebih. Sudah termasuk anggaran untuk pelaksanaan MTQ Provinsi sebesar Rp 1 miliar. Nanti diporsikan untuk pembinaan khafilah yang siap mewakili Butur,” tandasnya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top