Perusahaan Tambang di Konut tak Setor Data Tenaga Kerja – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Konawe Utara

Perusahaan Tambang di Konut tak Setor Data Tenaga Kerja

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) dibuat geram dengan sikap tak peduli sejumlah perusahaan tambang yang melakukan eksplorasi dan eksploitasi nikel di wilayah Konawe Utara (Konut). Data tenaga kerja yang menjadi keharusan pihak perusahaan untuk melaporkan pada Distransnaker belum juga dipenuhi.

Salah satu perusahaan nikel yang membandel tersebut adalah PT Maju Bersama Mining (MBM) yang beroperasi di Desa Tapunggaya, Kecamatan Molawe. “Format wajib lapor tenaga kerja kami sudah sampaikan pada manajemen PT MBM untuk diisi. Tapi mereka belum tindaklanjuti. Perusahaan ini tidak kooperatif pada pemerintah daerah,” kesal Kepala Bidang Hubungan Industrial Distransnaker Konut, Hendra, di ruang kerjanya, Kamis (28/9).

Format wajib lapor yang diberikan Distransnaker semestinya harus diisi pihak perusahaan, bukan hanya sebatas dilihat dan disimpan. Sebab, format yang diberikan akan menjadi acuan instansi teknis tersebut dalam melakukan pengawasan nanti.

“Alasannya nanti diisi, perusahaan seperti inikan bandel namanya. Tidak menghargai pemerintah daerah, dihubungi juga tidak direspon,” geramnya. Hendra mengancam, jika pihak perusahaan tidak kooperatif dalam memberikan data tenaga kerja, maka dalam waktu dekat pihaknya akan turun ke lokasi perusahaan untuk memberikan teguran bersama dengan bidang pengawasan.

“Pemantauan terhadap tenaga kerja setiap perusahaan akan terus dievaluasi tiga bulan sekali. Ada sanksi bagi sikap tidak kooperatif perusahaan dalam memberikan data tenaga kerja. Karena namanya perusahaan di atas 10 karyawan yang dipekerjakan harus melapor,” tandasnya. (b/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top