Pemkab Konsel Gandeng BPK Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Gandeng BPK Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Pertemuan antara pihak Pemkab Konsel yang dipimpin langsung Sekab, H. Sjarif Sajang bersama Tim BPK Perwakilan Sultra dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan mutu pendidikan di Konawe Selatan (Konsel) terus diupayakan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat. Kamis (28/9), digelar pertemuan bersama tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra dipimpin Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel, H. Sjarif Sajang dan melibatkan sejumlah instansi.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pemeriksaan pendahuluan terkait peningkatan kualitas pendidikan di Konsel. Pihaknya membahas tentang kriteria pemeriksaan dari BPK, utamanya dalam rangka mencari kesepahaman penilaian tenaga pengajar dan tingkat pendidikan guru. Termasuk penilaian kepegawaian, dengan melibatkan BKD, Diknas dan Inspektorat serta melakukan pengawasan.

“Seperti tenaga pendidik sesuai undang-undang, minimal kualifikasi sarjana. Di Konsel, masih banyak guru belum sarjana. Jadi kami minta BPK mengecek langsung ke lapangan dan membuat rekomendasi mengenai hal tersebut,” ujar Sjarif, kamis(28/9). Ketua PGRI Konsel ini menegaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan langkah strategis penataan infrastruktur sarana prasarana dan menambah kualitas guru itu sendiri.

“Sebab itu juga menjadi salah satu indikator indeks peningkatan mutu pendidikan di Konsel,” kata mantan Kadishub Kota Kendari ini. Bukan saja mengenai pendidikan, pada kesempatan itu, “Jenderal” PNS Konsel ini menambahkan, secara keseluruhan pegawai di lingkup Pemkab nantinya akan menjalani pemeriksaan tematik untuk mengetahui kualitas dalam pelayanan serta kerja mereka.

“Makanya hal pertama kita kerjakan adalah melakukan pemeriksaan rutin kedisiplinan dan kehadiran pegawai. Karena pegawai telah diberikan fasilitas seperti tambahan penghasilan dan untuk pejabat diberi kendaraan serta tunjangan. Jadi PNS harus perhatikan hak dan kewajiban, disiplin hadir dan pulang sesuai waktu yang ditetapkan,” kata Sjarif.

Sementara itu, tim Pemeriksa BPK-RI Perwakilan Sultra, Edison menyampaikan, pertemuan tersebut untuk menilai efektifitas kebutuhan tenaga pendidik di Konsel dan mencari kesepahaman kriteria yang akan digunakan dalam penilaian tersebut. “Untuk penilaian guru dilihat dari dua segi yaitu profesionalisme dan distribusi,” ujar Edison.

Profesionalisme terdiri dari kualifikasi guru dan tenaga kependidikan (GTK) mulai dari sertifikasi, kompetensi, kesejahteraan dan database. “Sedangkan untuk distribusi kriterianya adalah pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan serta kepegawaian,” tambahnya. (b/kam)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top