Pembenahan Jalan Provinsi di Butur Melalui APBD-P – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Pembenahan Jalan Provinsi di Butur Melalui APBD-P

KENDARIPOS.CO.ID — Keteriosoliran masih dialami beberapa wilayah di Kabupaten Buton Utara (Butur). Akibat ruas jalan yang rusak parah, warga setempat tak mudah mengakses daerah tetangga. Masyarakat terus menyuarakan agar jalan itu segera dibenahi. Sebagai instansi terkait, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Butur, terus pro aktif melakukan komunikasi dengan Pemprov Sultra selaku pihak bertanggung jawab membenahi jalan itu.

Untuk mencari solusi agar ruas jalan sepanjang 103 kilometer itu segera dibenahi, Dinas Pekerjaan Umum mengusulkan, minimal dilakukan perawatan jalan berlubang dan segera ditimbun. Tak harus langsung diaspal jika kendalanya keterbatasan anggaran. Menanggapi usulan itu Pemprov Sultra melalui Dinas Pekerjaan Umum memberikan harapan, akan memorsikan biaya perawatan jalan di Butur dalam postur anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Buton Utara, Wawan Wardaya menuturkan, persoalan pembenahan jalan provinsi terus disuarakan. Setelah melalui lobi cukup panjang, telah menghasilkan kesepakatan bersama dengan Dinas PU Sultra. “Usulan kami cukup dilakukan perawatan jalan dulu. Ruas jalan yang rusak parah agar segera ditimbun. Usulan itu, disepakati Dinas PU Provinsi dalam anggaran perubahan. Kita berharap saja, apa yang disepakati bersama dapat direalisasikan. Apalagi Butur akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2018 mendatang. Ratusan khalifah akan berdatangan” ujar Wawan Wardayah saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/9).

Mantan Kepala Bidang Bina Marga PU Butur itu mengungkapkan, ruas jalan provinsi melintasi Desa Matabubu-Ronta-Lambale-Ereke. Panjangnya mencapai 103 kilometer. “Kurang lebih 80 persen jalan provinsi belum teraspal. Kondisinya sangat memprihatinkan apalagi memasuki musim penghujan,” ungkap Wawan sambil menambahkan, jika berdasarkan hasil Musrembang Provinsi menghasilkan kesepakatan, jalan provinsi di Butur akan diaspal tahun 2018 mendatang. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top