Konsep Tata Kota Konkep Mulai Dirancang – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Konawe Kepulauan

Konsep Tata Kota Konkep Mulai Dirancang

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk menata kawasan kumuh di Desa Langara Iwawo, Kecamatan Wawonii Barat, belum bisa terwujud. Penyebabnya, bukan karena warga yang bermukim di desa itu menolak direlokasi. Hanya saja, sampai saat ini Pemkab Konkep lagi menunggu pembahasan rancangan tata ruang wilayah (RTRW) 2016-2031 di daerah itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konkep, Israwan Sulfa mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum memastikan kapan waktu akan dilakukan penggusuran di kawasan Lapulu untuk mendukung pengembangan kota. Saat ini baru dilakukan survei lokasi tanah di desa tersebut untuk memastikan batas-batas tanah warga.

“Saya belum berani katakan kapan Lapulu akan digusur, sejauh ini kami masih menunggu RTRW selesai dibahas,” kata Israwan, kamis(28/9). Mantan Kabid Tata Bangunan Dinas PU Konawe itu mengatakan, pembangunan jalan By Pass Langara ke Desa Tumbu-Tumbu, Kecamatan Wawonii Tengah terus digenjot. Jalan tersebut salah satu pendukung untuk menutupi kawasan kumuh di Desa Langara Iwawoo.

Kata dia, saat ini pembangunan jalan By Pass yang lebarnya 20 meter itu, akan dituntaskan sampai ke Desa Pasir Putih. “Kami akan lakukan penataan lingkungan pemukiman. Sehingga kawasan Lapulu tetap kami akan gusur. Mengingat, ibu kota di Langara sangat sempit. Nantinya kawasan Lapulu itu akan dibuat ruang terbuka hijau. Sehingga kami akan membuka kawasan era pembangunan Kota Langara sampai ke Desa Pasir Putih,” jelasnya. Lanjut dia mengatakan, kawasan siap bangun di kawasan nelayan itu, sesuai visi misi Bupati Konkep, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhamad Lutfi untuk menciptakan kawasan yang indah. Ia berharap, pola pikir masyarakat dapat terbuka luas dalam konsep dan rencana pemerintah menata wajah Pulau Wawonii tersebut. (c/san)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top