Tongkang PT Kasmar Masuk Perairan Kolut Diam-diam – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka Utara

Tongkang PT Kasmar Masuk Perairan Kolut Diam-diam

KENDARIPOS.CO.ID — Sebuah kapal tongkang berkapasitas 1000 wet metrik ton (WMT) terpantau bergerak lambat sejak Senin (25/9) pagi lalu dan ditarik kapal tugboat melintasi wilayah perairan Kolaka Utara (Kolut). Kapal tersebut hendak sandar di Kecamatan Tolala. Diketahui, armada pengangkut itu hendak memuat ore nikel namun berhasil dihalau agar segera meninggalkan wilayah Kolut.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kolut, Saiful Rasak yang dikonfirmasi Rabu (27/9) mengaku telah melakukan komunikasi pada jajarannya agar memantau wilayah Tolala. Diperoleh informasi, kapal tongkang tersebut didatangkan kontraktor pertambangan berbendera PT Kasmar Tiara Raya. “Saya hubungi H. Arsyad sebagai pemegang izin usaha pertambangan (IUP). Sudah disuruh kembali (dipulangkan) semalam,” ujar Saiful saat ditemui, rabu(27/9).

Ia menegaskan, pihak perusahaan tambang di Kolut untuk tidak diam-diam melakukan penambangan tanpa sepengetahuan pihaknya. Dinas Penanaman Modal masih memiliki kewenangan untuk mengecek legalitas semua perusahaan tambang yang akan beroperasi di otorita Bupati, Nur Rahman Umar tersebut.

“Tidak ada toleransi bagi perusahaan yang tak memenuhi syarat dan kelengkapan dokumen. Sebab, apapun alasannya hal tersebut ilegal dan harus ditindak. Kalau lengkap saya tidak akan halangi karena itu investasi, silahkan. Kalau tidak, itu sama saja merugikan negara karena tak memenuhi kewajiban,” tegasnya.

Hingga saat ini kata Saiful ada 54 IUP yang masih terdata di meja kerjanya. Namun tingga tersisa 35 yang dinyatakan aktif berdasarkan pengurusan pada periode bupati sebelumnya. Terkait pengurusan izin, saat ini memang sudah ditangani langsung pemerintah provinsi.

“Namun bukan berarti pihak perusahaan menganggap pemerintah kabupaten tidak punya kewenangan apa-apa lagi,” ancamnya. Sekadar diketahui, keberadaan PT Kasmar Tiar Raya di Tolala karena telah mengambil alih saham milik PT Creative Jaya sebesar 97 persen. Dokumen pengelolaan ore di sana belum dinyatakan lengkap sebagaimana persyaratan sebelum melakukan penambangan. (b/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top