Tanpa Dokumen, Kapal KKP Buton Belum Difungsikan – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Buton

Tanpa Dokumen, Kapal KKP Buton Belum Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Bantuan kapal nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada dua koperasi di Buton belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Pasalnya, tiga unit kapal itu tak dilengkapi dokumen sebagai syarat wajib untuk melaut. Pihak koperasi mengaku, dokumen yang dijanjikan hingga kini belum terealisasi.

Dokumen dimaksud adalah surat ukur kapal dan sertifikat kesempurnaan. Dokumen surat ukur memuat tentang ukuran dan bobot kapal termasuk kapasitas muat. Sedangkan sertifikat kesempurnaan berisi peralatan keselamatan dan kelaikan kapal yang dikeluarkan pihak syahbandar pelabuhan.

Dua koperasi penerima bantuan tersebut adalah Tuna Mandiri menerima satu unit kapal 5 GT dan koperasi Serba Usaha Nelayan Wasalabose menerima dua unit kapal masing-masing 5 GT dan 3 GT. “Kami belum bisa gunakan melaut jauh-jauh atau di atas dua mil, takut ditangkap. Kami masih tunggu dokumen dari kementerian karena katanya akan diberi satu paket dengan kapal. Tapi sampai sekarang belum ada,” jelas Adison, Kepala Koperasi Tuna Mandiri yang membawahi empat kelompok usaha bersama, Rabu (27/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Buton, Amirudin saat dihubungi mengatakan, penyerahan dokumen kapal tersebut merupakan kewenangan kementerian. Hanya saja, sesuai ketentuan, kapal di bawah 10 GT perlu mengurus surat ukur kapal. “Di bawah 10 GT itu izinnya bukan sama kami, kecuali di kementerian,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bantuan yang diterima tahun ini seharusnya berjumlah delapan unit sebagaimana usulan tahun 2016 lalu. Hanya saja, kementerian baru menyalurkan tiga unit, sedang lima lainnya masih akan ditender terlebih dahulu. Delapan unit kapal tersebut masing-masing dibagi empat unit tiap koperasi. Rinciannya, Tuna Mandiri akan mendapatkan tiga unit 5 GT dan satu unit 10 GT. Sedangkan koperasi Wasalabose kebagian satu unit 10 GT, dua unit 2 GT dan satu unit 3 GT. “Kabar dari Jakarta, tahun ini akan disalurkan sisanya. Sekarang sedang dikerjakan sama rekanan,” imbuhnya. (c/m1)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top