Kelola DD Konut Dengan Bijak ! – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe Utara

Kelola DD Konut Dengan Bijak !

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan dana desa (DD) yang bersumber dari APBN harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Transparansi anggaran dalam pengelolaan DD sangat diharapkan sehingga tercipta tata kelola anggaran yang efektif dan efisien. Imbauan tersebut dilontarkan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa Republik Indonesia, Bibit Samad Rianto dalam kunjungannya di Konawe Utara, rabu(27/9).

Mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu meminta agar para kepala desa benar-benar merealisasikan anggaran yang dikucurkan kementerian dengan tepat sasaran, bukan dijadikan sebagai ladang untuk meraup keuntungan. “Dulu sebelum ada dana desa, kepala desa masih menggunakan sepeda. Tapi setelah ada, kepala desa sudah bisa beli mobil. Ini yang perlu disadari. Jika anggaran dana desa adalah anggaran negara yang harus dipertanggungjawabkan. Olehnya harus direalisasikan dengan arif dan bijak sesuai peraturan perundang-undangan,”ujar Ketua DPP Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) di hadapan kepala desa se Konut.

Bibit Samad Rianto juga mengaku, perilaku korup di Indonesia sudah menjadi tren dan perlu diamputasi. Makanya ia juga membentuk lembaga berbendera GMPK.

“Wabah korupsi sudah menggurita bahkan sudah kronis. Makanya untuk membasmi itu diperlukan mental yang baik. Korupsi itu ada empat unsur pada diri seseorang. Mulai dari niat, kesempatan, kemampuan berbuat dan sasaran yang akan dikorupsi. Mental harus diperbaiki sehingga tak terjadi penyalahgunaan,” nasehat inspektur jenderal purnawirawan polisi itu. (c/min)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top