75 Kades di Wakatobi Belum Serahkan LPj ADD dan DD Tahap I – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

75 Kades di Wakatobi Belum Serahkan LPj ADD dan DD Tahap I

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) tahap II tahun ini dipastikan terlambat. Hingga saat ini seluruh kepala desa (Kades) di Wakatobi belum menyetor laporan pertanggungjawaban (LPj) realisasi tahap I.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wakatobi, La Ode Husnan menjelaskan, pencairan ADD dan DD tahap I sebanyak 60 persen telah dituntaskan pada bulan Juni lalu. Harusnya, pertanggungjawabannya diselesaikan paling lambat pada medio Juli.

“Tapi sampai sekarang belum ada satu desa pun yang menyetor LPj. Sehingga ini akan menghambat pencairan tahap II,” ungkap La Ode Husnan, Rabu (27/9).

Kendati demikian, pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk mendorong percepatan pencairan tahap II yang dipastikan mengalami keterlambatan itu. Pihaknya bahkan telah menyurati pemerintah desa sekaligus mencari kendala yang dihadapi 75 Kades dalam tahap penyelesaian LPJ. “Karena kalau tidak salah, regulasinyacapaian 80 persen sudah bisa dilakukan permintaan. Jangan menunggu harus 100 persen,” ungkapnya.

Salah satu masalah yang dihadapi saat ini kata Yusnan, kadang masih ada pengadaan yang belum tuntas sehingga berimbas pada penyelesaian LPj. Namun ia menegaskan paling lambat pencairan tahap II dapat dilakukan hingga bulan Desember. “Tapi kita upayakan paling lambat bulan November ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, penerima ADD dan DD terendah mencapai Rp 1,3 miliar dari Desa Maleko dan tertinggi Desa Liya Togo senilai Rp 1,7 miliar. (c/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top