Pariwara
Bau-bau

Warga di Baubau Wajib Minum Obat Kaki Gajah

KENDARIPOS.CO.ID — Program minum obat filariasis (penyakit kaki gajah) secara massal bagi seluruh masyarakat Kota Baubau selama lima tahun berturut-turut, terus berlanjut. Upaya tersebut untuk memutus mata rantai pertumbuhan dan penularan penyakit kaki gajah. Sebab, pada tahun 2015 lalu ditemukan ada seorang warga Kota Baubau mengidap penyakit akibat infeksi oleh cacing filaria tersebut.

“Satu warga di Lowulowu, Kota Baubau menderita penyakit kaki gajah. Itu berdasarkan hasil survei darah jari (SDJ) yang dilakukan lembaga World Health Organization (WHO). Makanya, sejak dua tahun lalu itu, seluruh masyarakat Kota Baubau wajib minum obat filariasis untuk pencegahan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr. H. Edy Natsir saat ditemui, selasa(26/9).

Menurutnya, saat ini program minum obat massal itu akan memasuki tahun ketiga. Setiap warga kota diberikan obat secara gratis. “Jadi ini kita lakukan secara berkesinambungan selama lima tahun. Seluruh masyarakat wajib mendapatkan dan meminum obat penangkal kaki gajah yang akan diberikan petugas Dinas Kesehatan. Alhamdulilah sampai saat ini, gejala ataupun penderita penyakit kaki gajah di Baubau tak ditemukan lagi,” katanya.

Seperti biasa, program minum obat massal dilakukan pada September atau Oktober. “Mulai hari ini (selasa(26/9)) tahap sosialisasi minum obat filariasis akan kita lakukan di kota. Kemudian akan dilanjutkan pada delapan kecamatan hingga kelurahan, bekerja sama dengan staf Puskesmas,” ungkap Edy Natsir. Program tersebut berkelanjutan hingga tahun 2019 mendatang. (c/ahi)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top