Petani di Konawe Protes Benih Padi tak Layak Tanam – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Konawe

Petani di Konawe Protes Benih Padi tak Layak Tanam

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah kelompok tani di Kelurahan Wawonggole dan Poasaa memprotes bantuan bibit padi dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Konawe, karena dianggap tak berkualitas. Para petani harus menanggung kerugian akibat kualitas bibit benih padi yang mereka tanam tak sesuai harapan. Fakta itu diungkapkan salah satu Ketua Kelompok Tani, Masrit Laguna.

Menurutnya, dia telah beberapa kali mencoba menyemaikan benih tersebut, untuk mengetahui kualitas bibit yang diberikan. Sayangnya, tak ada satupun yang mengeluarkan bulir padi, sehingga ia menganggap kualitas benih ini tidak layak dan hasil tanam tidak merata. “Coba lihat di sawah, pertumbuhan padi tidak merata, hasil panen juga kurang bagus,” ungkapnya, selasa(26/9).

Ia berharap, pemerintah mengganti benih yang lebih bermutu, pada musim tanam akhir tahun ini, untuk meningkatkan panen berkualitas. “Benih padi bersubsidi dari pemerintah banyak tak berkualitas dan sebagian mengalami gagal panen,” tandasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Konawe, Syahrudin beralasan, sampai saat ini tak ada laporan mengenai kualitas benih yang rendah dan tak layak tanam. Makanya, mereka belum bisa berbuat banyak. Pasalnya, benih tersebut diadakan oleh PT Pertani, bukan dari instansi sendiri.

“Seharusnya mereka melaporkan secara resmi, supaya kami panggil pihak yang bertanggungjawab dan langsung menyepakati satu solusi untuk petani. Sayangnya, tidak ada laporan, bagaimana kami bisa bantu. Kami harap, kalau ada masalah langsung dilaporkan kepada kami,” tutupnya. (b/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top