Pemkab Wakatobi Target Tiga Pulau Nikmati Listrik 24 Jam – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Wakatobi

Pemkab Wakatobi Target Tiga Pulau Nikmati Listrik 24 Jam

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan masyarakat Wakatobi khususnya di Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko untuk menikmati pelayanan listrik hingga 24 jam tak lama lagi terealisasi. Saat ini, segala penunjang pembangkit dan distribusi listrik telah disiapkan. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu menjelaskan, untuk di Pulau Binongko, sudah hampir direalisasikan. Namun, masih ada aksesoris yang harus disiapkan sehingga pemerintah kabupaten (Pemkab) harus menunggu pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017.

“Jika Binongko disubsidi langsung oleh Pemkab Wakatobi, lain halnya dengan Kaledupa dan Tomia. Dua pulau ini masuk dalam perencanaan pengembangan listrik oleh PLN sehingga persiapannya dilakukan langsung oleh pihak perusahaan listrik negara itu. “Saya nanti akan membicarakan hal ini dengan Kepala PLN Pusat,” ungkap Ilyas Abibu.

Menurutnya, pelayanan listrik di kawasan Kaledupa dan Tomia telah direncanakan masuk dalam pembiayaan APBD. Namun pihak PLN menghentikan rencana itu, karena telah masuk dalam kegiatan BUMN tersebut. Sehingga saat ini Pemkab Wakatobi menuntut percepatan. “Pak Bupati menginginkan percepatan ini karena merupakan program PLN pusat. Mengingat masyarakat kita tidak ingin menunggu lama lagi,” tegas mantan Kepala Bapedda Buton ini.

Untuk mesin listrik di Tomia sendiri sudah ada dan di Pulau Kaledupa sementara dalam perjalanan. Meski begitu pihaknya menargetkan tahun ini pelayanan listrik selama 24 jam bisa dirasakan warga pada tiga pulau tersebut.

Sebelumnya, Bupati Wakatobi, H. Arhawi telah menjanjikan pada warganya di luar wilayah Wangiwangi. Arhawi bahkan telah mengupayakan hal ini jauh-jauh hari. Mengingat permintaan pelayanan listrik selama 24 jam di seluruh pulau telah menjadi janji pemerintah sejak lama. “Mudah-mudahan terealisasi tahun ini,” tutur Arhawi.

Sekadar diketahui, selama ini hanya pulau Wangiwangi sebagai ibu kota kabupaten yang menerima pelayanan listrik 24 jam. Sementara di tiga pulau lainnya yakni Kaledupa, Tomia dan Binongko rata-rata hanya mendapatkan pelayanan 12 jam setiap hari. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top