DPM-PTSP Mubar Data Pelaku Usaha – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Muna Barat

DPM-PTSP Mubar Data Pelaku Usaha

KENDARIPOS.CO.ID — Usai melakukan sosialisasi, pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Muna Barat (Mubar) kini mulai mendata pelaku usaha yang ada. Sekretaris DPM-PTSP Mubar, La Hafini mengatakan, kegiatan pendataan sudah dilakukan sejak pekan lalu. “Kami mulai dari kecamatan yang banyak jenis usahanya dan kemudian menyusul ke wilayah lain di seluruh Muna Barat,” jelasnya, Selasa (26/9).

Ia mengaku, hingga kini pihaknya sudah menginventarisasi para pelaku usaha di lima kecamatan. “Kami registrasi jenis usaha apa saja yang warga buat. Kecamatan yang sudah rampung mulai dari Wadaga, Sawerigadi, Lawa, Barangka dan Kusambi,” sambung La Hafini.

Dari kegiatan tersebut, ia mengaku, pihaknya banyak menemukan warga yang belum memiliki izin usaha. “Apakah itu karena ketidaktahuan atau malas untuk mendaftarkan badan usahanya. Dalam pendataan itu, kami sekaligus memberikan pemahaman pada pelaku usaha sebaiknya harus ada izin. Sehingga setiap melakukan kegiatan usaha ada payung hukumnya. Makanya harus segera mendaftarkan diri agar usaha mereka ada izin sebagai dasar dalam berusaha,” paparnya.

La Hafini juga menjelaskan, keuntungan pelaku usaha memiliki izin karena dapat memudahkan segala urusan administrasi hingga dalam permohonan bantuan usaha melalui perbankan. “Yang paling banyak kami datangi itu pelaku usaha rumah makan, toko bahan bangunan, fotokopi, perbengkelan, usaha batu merah, pertukangan dan lainnya. Minggu depan kita tindaklanjuti serta mengkomunikasikan dengan satuan kerja perangkat daerah lainnya agar dalam proses pengurusan izin bisa satu pintu,” tandasnya. (c/yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top