DAU Butur Berkurang Rp 4 M – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Buton Utara

DAU Butur Berkurang Rp 4 M

KENDARIPOS.CO.ID — Draf kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2017 Kabupaten Buton Utara (Butur) akhirnya rampung disusun tim pemerintah. Seperti daerah lainnya, dalam postur anggaran terjadi pemangkasan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 4 miliar oleh pemerintah pusat. Faktor itulah yang sempat menghambat proses penyusunan dan penyesuaian anggaran perubahan tahun 2017. Pelaksana tugas sementara (Plt) Sekretaris Kabupaten (Sekab) Butur, La Ode Siam menjelaskan, pemangkasan DAU karena defisit keuangan negara dan terjadi pada semua daerah.

“Pemangkasan itu terjadi karena penerimaan bersih negara di APBN 2017 tidak sesuai proyeksi awal. Sehingga dampaknya, DAU untuk semua daerah akhirnya dilakukan penyesuaian dengan pemangkasan dua persen,” ulang mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Butur itu.

Imbas dari kebijakan pemotongan DAU tersebut membuat daerah harus menghitung kembali pembiayaan program yang akan dilaksanakan. Dengan DAU yang berkurang sebesar itu, ada pos-pos kegiatan di sejumlah satuan kerja perangkat daerah yang harus dicoret atau dirasionalisasi dalam APBD-P 2017.

La Ode Siam menambahkan, kurang lebih anggaran perubahan yang diusulkan berkisar Rp 600 miliar. “Draf APBD-P sudah rampung disusun dan telah diserahkan ke DPRD pada 22 September 2017 lalu melalui Bappeda. Setelah itu, tinggal menunggu jadwal pembahasan yang ditentukan pihak legislatif,” tandas Asisten III Pemda Butur itu. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top