10 Unit Traktor Rehabilitasi Lahan Kakao di Kolut – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka Utara

10 Unit Traktor Rehabilitasi Lahan Kakao di Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Rehabilitasi lahan dan tanaman kakao menjadi program prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) dalam periode kerja Bupati, Nur Rahman dan Wakilnya, H. Abbas. Kedua kepala daerah itu bahkan melakukan komunikasi hingga ke kementerian untuk mengakomodir bantuan pertanian dalam mendukung rencana mereka. Salah satunya yakni permintaan traktor untuk lahan kering dalam meremajakan 43 ribu hektare lahan kakao.

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas mengaku, pihaknya baru saja berkunjung ke Direktorat Jenderal Pertanian. “Yang direspon cepat permintaan 15 unit traktor. Namun Dirjen kemungkinan kabulkan 10 unit yang siap diadakan pada anggaran perubahan tahun ini,” ujarnya, selasa(26/9). Jumlah tersebut memang dianggap belum ideal, mengingat total kecamatan di Kolut ada 15 dan pengembangan kakao merata pada semua wilayah tersebut.

“Tapi kita tetap bersyukur jika terealisasi. Apalagi respon pihak kementerian cukup baik setelah kami menjelaskan program pemerintah daerah ke depan. “Insyaallah bantuannya segera diturunkan ke Kolut,” ujarnya. Program rehabilitasi kakao itu memang akan digarap dalam jangka panjang dan ditargetkan selama tiga tahun.

Kadis Pertanian Kolut, Samsu Ridjal sudah mengestimasi, program rehabilitasi lahan dan tanaman kakao akan menyerap anggaran hingga Rp 400 juta. “Visi misi kami berorientasi pada peningkatan ekonomi kerakyatan. Kami juga akan meningkatkan jalan-jalan desa dan penerangan listrik tenaga surya agar rumah-rumah di pedesaan tercerahkan. Kita harapkan program ini sudah bisa dimulai tahun 2018 mendatang,” janji Abbas. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top