Warga Kolut Klaim Lahan Pantai Berova dan Pasar Lama – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kolaka Utara

Warga Kolut Klaim Lahan Pantai Berova dan Pasar Lama

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Kawasan Pantai Berova di Kolut kini diklaim sebagian warga sebagai tanah mereka. Pemerintah meminta agar warga menyerahkan bukti kepemilikan lahan agar mendapat ganti rugi.

KENDARIPOS.CO.ID — Status lahan di kawasan objek wisata Pantai Berova dan Kompleks Pasar Lama Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kini diklaim warga. Pemerintah telah membentuk tim khusus untuk menyelesaikan sengketa tersebut dan siap melakukan ganti rugi lahan.

Asisten II Sekab Kolut, Ir. Junus mengutarakan, saat ini pihaknya akan menuntaskan masalah itu sesuai instruksi Bupati Kolut, Nur Rahman Umar. Beberapa warga yang melayangkan klaim akan didata dan diharapkan menunjukkan bukti kepemilikan. “Meski bukan sertifikat, asal sah berdasarkan undang-undang. Kami tentunya juga hati-hati jangan sampai membayar pada orang yang salah,” ujarnya, senin(25/9).

Meski dalam masalah, namun Junus menegaskan, hal tersebut tidak berpengaruh pada sejumlah pengunjung dan Pantai Berova tetap dibuka setiap saat untuk dinikmati wisatawan. Sementara itu untuk lahan kompleks Pasar Lama, lebih banyak warga yang mengklaim sebagai pemilik lahan.

Pemkab berusaha memberi ganti rugi sesuai harga nilai jual objek pajak (NJOP) dan poin lainnya. “Ya tentunya harga ganti rugi lahan menyesuaikan pertimbangan lokasi,” ujarnya. Untuk saat ini Pemkab baru sebatas melakukan pendataan kepemilikan. Bagi warga yang tidak memiliki bukti kepemilikan tentu tak akan mendapat ganti rugi. (c/rus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top