Pekan Ini, Disdik Butur Cairkan Sisa TPG 2016 – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Pekan Ini, Disdik Butur Cairkan Sisa TPG 2016

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara (Butur), Agus Pria Budiana kembali berjanji. Sisa tunjangan profesi guru (TPG) tahun 2016 yang belum juga dituntaskan akan segera dibayarkan pada para pendidik. Ia memastikan, sisa tunjangan tenaga pengajar sebesar Rp 2,3 miliar itu akan dibayar pekan ini.

Agus Pria Budiana itu mengimbau, tenaga pendidik agar bersabar. “Pemerintah tak akan mengebiri hak ratusan guru. Terkait sisa TPG 2016 bakal cair pekan ini. Kementerian Keuangan telah memporsikan anggarannya kurang lebih Rp 2,3 miliar sesuai hasil audit badan pemeriksa keuangan,” ujar Agus Pria Budiana saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/9).

Mantan Camat Bonegunu itu menegaskan, pembayaran sisa tunjangan tak akan lagi tertunda. Pemerintah pusat telah mentransfer sisi pembayaran tunjangan itu ke kas daerah. “Usai mengikuti Rakornas di Makassar, salah satu pokok pembahasan penting terkait realisasi sisa tunjangan profesi guru tahun lalu. Pihak Kementerian Pendidikan telah memastikan akan cair pekan ini. Saya telah bertemu dengan pihak badan keuangan daerah untuk melakukan langkah-langkah percepatan pencairan,” tambahnya.

Agus merinci, jumlah tunjangan profesi yang akan terbayarkan sebanyak Rp 2,3 miliar merupakan hak 663 guru pada semua tingkatan satuan pendidikan. “Rinciannya Rp 1 miliar untuk membayar sisa tunjangan 327 guru sekolah dasar. Selain itu, guru TK 12 orang Rp 31 juta, SMP 165 orang Rp 554 juta, guru SMA 111 orang Rp 352 juta, guru SMK 27 orang Rp 84 juta dan pengawas 21 orang Rp 90 juta,” rincinya.

Ia menjelaskan, belum terbayarnya sisa tunjangan profesi guru untuk triwulan IV tahun 2016, merupakan imbas dari tak cukupnya anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat. Kondisi tersebut tak hanya terjadi di Buton Utara, namun dialami juga pada ratusan daerah lain.
Sementara itu, Guru Sekolah Dasar Konde, Langkata menyambut baik kepastian pencairan sisa tunjangan profesi itu. Ia berharap, informasi terkiat jadwal pembayaran sisa tunjangannya bukan sekadar janji belaka. “Tentu kami gelisah. Saya sudah rencana bertemu langsung kepala dinas pendidikan untuk memastikan kapan pencairan sisa TPG. Sudah delapan bulan tanpa kejelasan,” katanya, senin(25/9). (b/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top